Bursa CPO akan Dibuka Juni 2023

| Rabu, 07/06/2023 15:26 WIB
Bursa CPO akan Dibuka Juni 2023 Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan optimistis kebijakan ekspor minyak sawit atau crude palm oil (CPO) melalui bursa berjangka dapat hadir Juni 2023 seperti yang sudah ditargetkan.

Zulkifli mengatakan, keberadaan ekspor CPO melalui bursa berjangka akan mampu menjadikan Indonesia sebagai pemengaruh pasar untuk CPO di pasar global.

"Dalam rangka penguatan kinerja ekspor CPO serta untuk pembentukan harga acuan CPO yang transparan, akuntabel, dan tepat waktu, baik untuk perusahaan besar, menengah, maupun PKS yang diperoleh dari banyak penjual dan pembeli, Kementerian Perdagangan menginisiasi kebijakan ekspor CPO melalui Bursa Berjangka," ungkap Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan pada acara Pembukaan Konsultasi Publik “Kebijakan Ekspor CPO Melalui Bursa Berjangka di Indonesia” yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin 5 Juni 2023.

Mendag menyatakan, perdagangan CPO di Indonesia selama ini masih mengacu pada harga referensi dari Bursa Malaysia dan Rotterdam. Oleh karena itu, harga belum transparan dan akuntabel, terutama untuk penentuan kebijakan Pajak Ekspor (PE) yang ditetapkan Kementerian Perdagangan dan Bea Keluar (BK) oleh Kementerian Keuangan.

Acara tersebut turut dihadiri para Eselon I di lingkungan Kementerian Perdagangan; para pimpinan perusahaan pelaku usaha CPO; dan Perwakilan Gapki.

Tags : bursa CPO , bursa sawit

Berita Terkait