Kopi Indonesia Raup Potensi Transaksi USD 2,66 Juta di Pameran Taiwan

| Jum'at, 14/07/2023 17:20 WIB
Kopi Indonesia Raup Potensi Transaksi USD 2,66 Juta di Pameran Taiwan Biji Kopi. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Indonesia melalui Kantor Dagang dan Ekonomi (KDEI) di Taipei, Taiwan kembali berpartisipasi pada pameranTaichung International Tea, Wine, Coffee, and Bakery Show di Taipei, Taiwan.

Pameran yang berlangsung pada 7—10 Juli 2023 ini, Indonesia berhasil meraup potensi transaksi sebesar USD 2,66 juta atau senilai Rp39,81 miliar.

"Ini membuktikan produk kopi Indonesia semakin mendapat tempat di pasar Taiwan dan KDEI akan terus berupaya untuk meningkatkan nilai ekspor dari berbagai produk kopi di Taiwan," ujar Kepala KDEI Taipei Iqbal Shofwan dalam keterangan tertulis, Jumat 14 Juli 2023.

Iqbal menyebut, dalam dua dekade terakhir, pasar kopi di Taiwan terus menunjukkan perkembangan. Sebelummya, konsumen pasar Taiwan merupakan penikmat teh sejati. "Peningkatan permintaan kopi dari pasar Taiwan mendatangkan peluang bagi pemasok kopi dari seluruh dunia," ujarnya.

Iqbal mengungkapkan, produk kopi Indonesia telahmemiliki pangsa pasar tersendiri di Taiwan. Pada 2022, ekspor kopi Indonesia ke Taiwan mencapai USD 17,34 juta, naik 21,36 persen dari tahun sebelumnya. Ekspor kopi dari Indonesia tersebut setara 6,2 persen dari total impor Taiwan. Namun, persaingan ekspor ke Taiwan semakin sengit seiring maraknya kopi dari kawasan Amerika Selatan dan Afrika.

"Untuk itu, KDEI Taipei ingin lebih melakukan penetrasi ke pasar Taiwan. Ini menjadi salah satu alasan KDEI Taipei untuk hadir di pameran ini yaitu untuk menjaga dan meningkatkan pasar yang sudah terbangun,"jelas Iqbal.

Pada keikutsertaan tahun ini, Paviliun Indonesia hadir degan dengan tema "One Step Further". Pada pameran ini Paviliun Indonesia menghadirkan berbagai produk, diantaranya biji kopi, teh, jamu, coklat, serta kopi yang dipadu dengan herbal.

"Melalui tema tersebut, KDEI Taipei ingin menyampaikan pesan, saat ini Indonesia selangkah lebih jauh. Tidak hanya sekedar pemasok biji kopi, tetapi juga telah memiliki berbagai produk olahan kopi serta produk pendukung seperti mesin yang ditampilkan pada pameran kali ini,“jelas Iqbal.

 

Tags : kopi , kopi indonesia , taiwan

Berita Terkait