Kemenhub Siap Menindak Maskapai Nakal yang Mainkan Harga Tiket Saat Nataru

| Selasa, 19/12/2023 21:25 WIB
Kemenhub Siap Menindak Maskapai Nakal yang Mainkan Harga Tiket Saat Nataru Maskapai Garuda Indonesia (foto: tiket.com)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengungkapkan bahwa masih ada beberapa maskapai yang menaikkan tarif tiket pesawat saat momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Bahkan ada maskapai yang melebihi batas harga yang sudah ditetapkan sebelum Nataru.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati. Meski begitu, Adita menegaskan tetap memberikan tindakan terlepas dalam jumlah kecil yang melanggar.

"Memang persentase dari total, kecil (maskapai yang melanggar). Bukan masalah persentasenya ya. Kalau ada (yang melanggar) ya ditindak. Sebelum Nataru sudah ada (maskapai yang melanggar)," kata Ardita kepada awak media, di Kemenhub, Selasa, 19 Desember 2023.

Ardita menambahkan pada momentum Nataru ini pihaknya melakukan pengawasan tarif tiket setiap minggu. Bahkan sejak sebelum Nataru, dia sudah melakukan pertemuan dengan maskapai.

"Jadi kami dengar masukan maskapai, tapi di situasi yang sekarang ini di Nataru tentunya pengawasan ditingkatkan. Kalau tarif kan selalu ada koridor. Nah kecenderungannya ketika demand naik, semua harga naik. Semua dipatok batas paling atas. Nah selama ini tidak melebihi sih ini tentunya, ya tidak memberikan, tidak ada masalahnya," terangnya.

Meski begitu, dia tidak memungkiri masih ada beberapa maskapai yang masih menaikkan tarif tiket di atas harga normal. Apalagi jika ada rute-rute tertentu yang hanya dioperasikan oleh satu maskapai saja.

Kemenhub akan menindak tegas bagi maskapai yang melanggar. Bahkan, sambungnya, Kemenhub sering memberikan sanksi, mulai dari ringan hingga teguran.

Tags : Kemenhub RI , Maskapai , Tiket , TBA , Sanksi