Bapanas Sebut RI Butuh Rp30 Triliun untuk Impor Beras 3-6 Juta Ton

| Senin, 04/03/2024 16:15 WIB
Bapanas Sebut RI Butuh Rp30 Triliun untuk Impor Beras 3-6 Juta Ton Beras Impor di salah satu gudang Perum Bulog. (Foto: klikpositifcom)

RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI, Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa Indonesia butuh biaya Rp30 Triliun untuk impor 3,6 juta ton. Biaya untuk pengadaan beras impor, lanjutnya, diperlukan untuk menjaga ketersediaan bahan pangan di dalam negeri.

Arief menjelaskan harga beras Rp30 triliun itu diperkirakan hanya untuk 3 juta ton beras. Sehingga untuk memenuhi kuota impor tahun 2024 sebanyak 3,6 juta ton, diperlukan anggaran lebih dari Rp30 triliun.

"3 juta ton (beras) yang dari luar negeri itu senilai Rp30 triliun lebih," ujar Arief dikutip dari okezone, Senin, 4 Maret 2024.

Menurutnya, kebijakan impor beras sendiri diambil sebagai respon atas kurangnya produksi beras para petani lokal. Hal tersebut dapat dilihat dari kinerja penggilingan-penggilingan padi yang ada di daerah.

Arief menyebut, saat ini setidaknya ada 169 ribu penggilingan padi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun kapasitas produksinya hanya sekitar 20 - 30%. Hal tersebut lantaran susahnya mencari gabah karena produksinya kurang.

"Jangan kita bicara importasi terus, importasi itu hanya mengganjal, kita tidak bangga melakukan importasi. Kita dorong faktor produksi seperti pupuk, luas lahan tanam, itu ada di Kementerian Pertanian," lanjutnya.

Tags : Bapanas , Beras , Impor , Indonesia , Anggaran

Berita Terkait