Daftar Tol Baru Beroperasi Saat Lebaran 2024

| Kamis, 14/03/2024 11:21 WIB
Daftar Tol Baru Beroperasi Saat Lebaran 2024 Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). (Foto: katadata)

RADARBANGSA.COM - Sejumlah ruas tol akan beroperasi pada mudik dan arus balik lebaran 2024 mendatang. Ada yang sudah beroperasi komersial dan masih fungsional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, kehadiran ruas tol tersebut diharapkan mampu memangkas waktu tempuh karena sudah bisa menghindari beberapa lampu merah yang ada di jalan nasional.

Menurutnya, beberapa ruas tol yang siap beroperasi saat lebaran misalnya ruas tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang sudah dapat digunakan hingga Sukabumi Barat, alias seksi 3 sepanjang 13,70 km.

Jalan Tol Bocimi terdiri dari 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km. Hingga saat ini Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Seksi 2 Cigombong-Cibadak baru diresmikan pada bulan Agustus lalu. Kemudian seksi 3 yakni Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 juga sudah dapat digunakan saat lebaran.

"Di Jawa tambahannya tidak terlalu banyak, namun di sekitar sini kan sudah yang diresmikan termasuk Bocimi nanti sudah bisa sampai ke Sukabumi Barat tambahannya," ujar Basuki Dikutip dari okezone, Kamis, 14 Maret 2024.

Selain itu, Menteri Basuki mengatakan beberapa ruas Jalan Tol Yogyakarta - Solo sudah dapat dilalui saat musim libur lebaran 2024. Ruas Kartasura-Klaten sudah dapat digunakan secara fungsional sepanjang 22,3 km, sedangkan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km ditargetkan siap untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.

"Kemudian di Solo - Jogja itu juga sudah bisa dipakai 42 km, yang kemarin kan baru 13 km pada saat nataru. Di klaten lebih lagi ke arah Yogya, itu sudah bisa dipakai. Itu sudah bisa melewati paling sedikit 38 lampu merah di jalan nasional," terangnya.

"Bayangkan kalau satu lampu merah 3 menit, 38 itu sudah 108 menit, berarti sudah sampai 2 jam berhenti di lampu merah. Nah kalo ini dari Kartasura sampai ke Gondang mungkin sudah bisa lebih cepat," sambungnya.

Sedangkan di Sumatera, Menteri menambahkan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapalbetung) juga siap melengkapi kelancaran arus mudik di bagian Sumatera. Proyek garapan PT Waskita Sriwijaya Toll Road itu ditargetkan rampung akhir tahun 2024.

Adapun saat ini, Jalan tol Kapalbetung sudah beroperasi untuk seksi 1 dan 2A dari Kayu Agung hingga Kramasan sepanjang 42,5 Km. Selanjutnya untuk tahap II terbagi menjadi Seksi 2 Kramasan - Muslilindas sepanjang 24,90 Km saat in progres konstruksinya mencapai 77,91% Seksi 3 Musilindas - Betung sepanjang 44,29 Km saat ini progres konstruksinya juga mencapai 53,80% yang ditargetkan keseluruhannya selesai konstruksi pada akhir tahun 2024.

Meski demikian, Menteri Basuki memastikan ruas tol tersebut sudah bisa digunakan hingga Betung pada musim mudik lebaran 2024 mendatang.

Tags : PUPR , Tol , Lebaran , Mudik , Jawa , Sumatera