Beragam Manfaat Madu untuk Kesehatan, Mengobati Batuk Hingga Cegah Kanker

| Rabu, 02/09/2020 22:51 WIB
Beragam Manfaat Madu untuk Kesehatan, Mengobati Batuk Hingga Cegah Kanker Ilustrasi Madu. (Foto: klikdoktercom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Madu sudah dikenal banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan alami yang diproduksi lebah itu dikenal sangat lezat dan banyak khasiatnya.

Dilansir dari okezone.com, berikut 4 manfaat madu untuk kesehatan:

1. Meredakan batuk

Batuk adalah salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak dan orang dewasa. Salah satu obat paling ampuh untuk menyembuhkan penyakit batuk adalah dengan mengonsumsi madu. Sebuah studi menemukan, madu dipercaya dapat mengurangi gejala batuk sekaligus memperbaiki kualitas tidur pasien.

2. Mencegah kanker

Madu yang berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan penting seperti fenol, enzim, dan senyawa flavonoid dan asam organik.

Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi senyawa tersebut membuat madu sangat ampuh dalam menurunkan risiko sejumlah penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Madu juga diklaim dapat meningkatkan kesehatan mata.

3. Aman dikonsumsi penderita diabetes

Dibandingkan dengan gula, madu diklaim sangat aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kandungan di dalamnya dipercaya dapat menurunkan kolesterol LDL, trigleserida dan peradangan, dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa madu juga dapat meningkatkan kadar gula darah, tetapi tidak sebanyak gula olahan.

4. Menyembuhkan luka bakar

Mengoleskan madu pada kulit yang terkena luka bakar adalah salah satu cara ampuh untuk menghentikan pendarahan dan mengeringkannya. Teknik pengobatan ini bahkan telah digunakan sejak zaman Mesir kuno, dan masih digunakan sampai sekarang.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 lalu, ditemukan bahwa madu merupakan bahan paling efektif untuk menyembuhkanluka bakar parsial, dan luka infeksi pasca operasi.

Tags : Madu , Kesehatan Tubuh

Foto Terkait