Banyak Manfaatnya, Ini 5 Tips Biar Kamu Hobi Jalan Kaki

| Kamis, 08/09/2022 19:32 WIB
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Tips Biar Kamu Hobi Jalan Kaki Seorang Wanita Kelelahan Berjalan Kaki (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM  - Jangan sampai kalian tidak tahu manfaat dari berjalan kaki setiap harinya. Karena kalian akan sangat rugi jika sampai tidak tahu.

Jalan kaki memang salah satu olahraga yang gampang sekali dilakukan. Hemat uang, Hemat tenaga, Hemat waktu pula! Ga ribet ke gym!

Nyatanya saking banyaknya manfaat dari jalan kaki ini, orang dewasa justru dianjurkan untuk berjalan kaki minimal 10.000 langkah setiap harinya.

Emang apa sih manfataantnya? Banyak banget, dari mengecilkan lemak tubuh, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, memberi energi, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, hingga menurunkan stress.

Wah banyak juga ya..

Tapi gimana kalau masih ngerasa males?

Tenang.. kalian tidak harus langsung jalan 10.000 langkah per hari, kalian bisa mulai dulu dari hal terkecil yang sering kalian lakukan tiap hari. MelansIR Eat This Not That! Ada 5 Tips gampang yang bisa kalian lakukan agar bisa hobi berjalan kaki!

 

 

1. Rutin Jalan Kaki Setiap Hari

Ide yang cukup bagus sebetulnya hanya membiasakan dirimu berjalan kaki setiap hari. Entah berjalan ke kantor atau ke pasar atau ke sekolah.

Kebiasaan berjalan ternyata bisa memperlambat penuaan, tentu kalian harus mengubah temponya, seperti berjalan lebih cepat atau berjalan lebih lambat.

Berjalan lebih cepat akan meningkatkan detak jantung Anda dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh kalian.

 

 2. Naiki Tangga

Pilih tangga sebagai gantinya, daripada menaiki lift atau eskalator. Menaiki tangga membuat tubuh kalian bekerja lebih keras untuk mencapai tempat yang kalian inginkan.

Terlebih jika aktivitas keseharian kalian lebih banyak duduk, maka menaiki tangga bisa mengimbangi langkah harian kalian dan ini—sangat membantu!

 

 3. Bawa Beban Tangan Ringan saat Jalan Kaki

Ingin membuat aktivitas jalan-jalan sedikit lebih menantang? Kalian bisa mencoba membawa beban tangan yang ringan. 

Beban ekstra yang kalian bawa membuat tubuh bekerja sedikit lebih keras selama berjalan, tentu ini membantu membakar lebih banyak kalori sekaligus menggabungkan tubuh bagian atas selama latihan.

Mulailah dengan bebab seberat  1 hingga 2 pon.

 

4. Jalan Kaki Lebih dari Satu Kali Setiap Hari

Jika tujuan kalian adalah untuk meningkatkan aktivitas harian, kalian harus berjalan setidaknya dua kali jalan kaki setiap hari.

Durasi jalan kaki yang dianjurkan adalah 30 menit adalah minimum. Untuk mengoptimalkan kesehatan kalian perlu melakukan lebih dari itu.

Cara mudah untuk menjadwalkan  dua jalan adalah waktu makan siang/sore dan sisanya setelah makan malam.

Bagaimanapun, penelitian menunjukkan bahwa berjalan-jalan ringan setelah makan dapat menurunkan kadar insulin dan gula darah tubuh (via WebMD ). 

Penulis utama studi dan Ph.D. mahasiswa pendidikan jasmani dan ilmu olahraga di Universitas Limerick, Aidan Buffey, menjelaskan, "Dengan berdiri dan berjalan, ada kontraksi otot Anda. Jika Anda bisa melakukan aktivitas fisik sebelum glukosa puncak, biasanya 60 hingga 90 menit [setelah makan] , saat itulah Anda akan mendapat manfaat karena tidak mengalami lonjakan glukosa."

 

Tags : Jalan Kaki , Manfaat Jalan Kaki

Foto Terkait