Tips Cegah Obesitas, Kurangi Kebiasaan Ngemil

| Senin, 18/12/2023 22:15 WIB
Tips Cegah Obesitas, Kurangi Kebiasaan Ngemil Ilustrasi obesitas. (Foto: DokterSehat)

RADARBANGSA.COM - Kebiasaan 'Ngemil' dinilai menjadi salah satu pemicu terjadinya obesitas. Nah, upaya agar mencegah obesitas disarankan agar mengurangi kebiasaan tersebut.

Tak hanya itu, mencegah obesitas juga bisa dimulai dengan membatasi makanan tinggi asupan gula, garam, dan lemak. Hal itu sebagaimana dikutip dari Head of Department Underwriting Sequis dokter Fridolin Seto, Senin, 18 Desember 2023.

"Sering dan banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori dan processed food bisa meningkatkan obesitas. Saat makan, perbanyak sayur, buah, dan biji-bijian," ujarnya. 

Jika seseorang sudah telanjur kegemukan hingga obesitas dan sudah memiliki riwayat gangguan kesehatan, maka dia disarankan segera berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan saran diet dan perawatan yang sesuai kondisi tubuh. 

Selain soal asupan, Seto juga memberikan kiat untuk membantu membakar kalori, yakni membatasi screen time atau penggunaan gawai, membiasakan aktivitas fisik dan kegiatan luar ruang. Kebiasaan ini baik ditanamkan sejak usia anak.

"Jadikan olahraga sebagai gaya hidup. Setidaknya dijalankan 3 kali seminggu atau olahraga bersama keluarga pada Sabtu atau Minggu," tuturnya.

Hal yang tak kalah penting juga mencukupi kebutuhan istirahat dan tidur berkualitas untuk mencegah kenaikan berat badan, serta melakukan pemeriksaan kesehatan (medical checkup) setidaknya satu tahun sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan.

Obesitas merupakan kondisi tubuh yang memiliki tumpukan lemak berlebih akibat ketidakseimbangan antara asupan energi dengan energi yang digunakan dalam waktu yang lama.

Tags : Obesitas , Ngemil , Gula , Lemak , Kesehatan , Dokter

Foto Terkait