Quraish Shihab : Cinta Seharusnya Tidak Memaksakan

| Kamis, 04/02/2021 09:34 WIB
Quraish Shihab : Cinta Seharusnya Tidak Memaksakan Cinta (sumber: kompasiana.com)

RADARBANGSA.COM - Cinta adalah hal yang pasti dirasakan oleh semua manusia, bahkan umat Islam selain mencintai Allah SWT diharuskan untuk mencintai rasulullah dan para umatnya. Begitu banyak definisi mengenai cinta walaupun sangat sulit mendefinisikan cinta. KH Quraish Shihab mengatakan sangat sulit mendefinisikan mengenai cinta. Kemudian menjelaskan cinta menurut beliau:

Menurutnya, cinta adalah permainan antara dua pihak. Keduanya bisa sama-sama menang atau sama-sama kalah. "Itu cinta,". Cinta, seperti naik sepeda, pada mulanya sulit, bisa terjatuh-jatuh, tetapi kalau sudah mahir, Anda bisa naik sepeda di jalan yang terjal tanpa memegang kendali. "(Itu) Cinta," ucapnya dalam dialog dakwah dalam channel Youtube Najwa Shihab, Jumat, 15 Mei 2020.

Kemudian KH Quraish Shihab menjelaskan mengenai cinta yang seharusnya tidak memaksakan. Lalu menjelaskan bagaimana seharusnya orangtua mencintai anaknya, untuk tidak memaksakan anak menjadi seperti dirinya, bahkan harus mengembangkan kepribadian anak sesungguhnya sehingga terjadi sebuah dialog diantaranya.

Cinta adalah dialog antara dua aku, yang memaksakan kehendaknya enggan berdialog, bukan cinta namanya. "Karena itu jangan pernah memaksakan siapa yang Anda cintai untuk menjadi seperti Anda, karena kalau menjadikannya seperti anda, dialognya tidak terjadi," Tutur KH. Quraish Shihab dalam dialog dakwah dalam channel Youtube Najwa Shihab, Jumat, 15 Mei 2020.

Ia mengingatkan orangtua yang mencintai anaknya agar tidak memaksakan untuk menjadi seperti dirinya. Sebaliknya, kepribadian si anak harus dikembangkan sehingga dapat terjadi dialog antara orangtua dan anak. "Itu salah satu definisi yang paling mendekat kepada banyak pendapat seperti itu: dialog, dialog," ucapnya.

Tags : Cinta , Quraish Shihab

Berita Terkait