Jusuf Kalla: Pemilu 2019 Terumit di Dunia

| Selasa, 23/01/2018 23:31 WIB
Jusuf Kalla: Pemilu 2019 Terumit di Dunia Wapres Jusuf Kalla (foto:infonawacita)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia dalam waktu dekat akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun ini. Sebanyak 171 daerah akan menggelar Pilkada. Bahkan pada 2019 nanti akan digelar Pemilihan Umum (Pemilu) serentak antara Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Menurut Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa pemilu 2019 yang menggabungkan Pileg dan Pilpres merupakan pemilu yang terumit di dunia. Maka TNI dan Polri harus meningkatkan kewaspadaan dan memperketat keamanan.

"Kalau kita lihat di dunia ini, tahun yang akan datang tahun 2019 di mana pileg bersamaan dengan pilpres disatukan, itu adalah pemilu terumit di dunia ini," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jakarta 23 Januari 2018.

Untuk itu, dilansir antaranews.com, Wapres berharap TNI da Polri tetap netral. Dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga bersikap adil.

"Harapan kita adalah bagaimana menurunkan emosional perorangan, cuma satu keadilan pelaksanaan oleh KPU dan Bawaslu yang adil dan juga tentu pengamanan oleh polisi dan Tentata yang sangat netral, itu dibutuhkan itu, karena tanpa netralitas TNI-Polri akan menimbulkan ketidakseimbangan di lapangan," ujarnya.

Tags : Wapres JK , Pilpres , Pilkada ,

Berita Terkait