Ridwanul Muhajir: Pemuda Harus Mampu Membawa Perubahan

| Selasa, 06/03/2018 01:45 WIB
Ridwanul Muhajir: Pemuda Harus Mampu Membawa Perubahan Bacaleg DPRD Pandeglang, Ridwanul Muhajir (tengah) (foto:Istimewa)

PANDEGLANG, RADARBANGSA.COM - Akhir-akhir ini kita disuguhkan oleh trend politik gaya baru yang tidak asing lagi terdengar oleh masyarakat baik di perkotaan mapun di pedesaan. Seorang yang memiliki kepentingan politik harus terjun dan berinteraksi langsung ke dalam lingkungan masyarakat. Nah, Fenomena ini sering dinamakan gaya `blusukan`.

Cara tersebut memang dapat dikatakan unik karena berbeda dari sajian politik konvesional yang normatif atau rigid, lalu efeknya menimbulkan kepercayaan publik yang lebih baik dari pada yang masih menggunakan cara lama.

Namun menurut Ridwanul Muhajir, atau pria yang akrab dipanggil Dede ini, bahwa ada hal yang lebih penting dari sekedar blusukan. Selain blusukan kaum muda juga harus mampu melebur dalam kondisi sosial di masyarakat. "Gerakan kaum muda sebagai gerakan civil society, harus terus menempatkan dirinya pada posisi pelatuk sekaligus pengawal perubahan dengan langkah serta hasil yang lebih kongkrit," kata Dede kepada Radarbangsa.com, Selasa 6 Maret 2018.

Di Kabupaten Pandeglang, potensi terbesar masyarakatnya adalah pada bidang pertanian, maka kaum muda harus mampu memfasilitasi masyarakat petani untuk dapat menuntaskan setiap persoalan yang ada dari hulu hingga hilir yang saat ini menjadi persoalan yang begitu kompleks di tengah masyarakat.

"Kaum muda harus mampu memutus mata rantai permasalahan yang ada serta menjadikan pertanian sebagai primadona yang diminati untuk dijadikan profesi oleh masyarakat di semua kalangan," tambahnya.

Dede berharap, hal ini dapat dijadikan sebagai upaya menekan angka urbanisasi. Selain bertujuan menjadikan daerah yang memiliki area pesawahan yang begitu luas yang didukung oleh iklim pegunungan menjadi pusat agro wisata sesuai dengan karakter Kabupaten Pandeglang.

Dede yang juga Ketua Koperasi Bina Muda Mandala Provinsi Banten, dengan program SP3 (Sosialisasi, Pembinaan, Pengawasan dan Pengelolahan) yang difokuskan kepada masyarakat petani sedang membuat formulasi Komunitas Tani Terpadu dan Mandiri.

Melalui program ini, lanjut Caleg Dapil II Kabupaten Pandeglang ini berharap, petani menjadi komunitas yang mampu membuka diri dari pesatnya perkembangan zaman dan makin kompetitifnya persaingan pasar global. "Beberapa langkah yang sudah dilakukan adalah dengan mang-guide pihak perbankkan untuk mendapatkan fasilitas pinjaman permodalan yang selama ini begitu sulit didapatkan oleh masyarakat petani. Bukan hanya itu beberapa perusahaan dan ofteker sudah pula menjadi mitra yang ikut bersama-sama turut andil dalam melakukan pembinaan, pengawasan, pengelolaan dan pasar," tukasnya. 

Dede termotivasi dengan kata-kata Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang mengatakan bahwa kader PKB di mana pun berada harus terus berkomitmen membela kepentingan rakyat, "PKB memerintahkan seluruh kadernya untuk melayani rakyat semaksimal mungkin," katanya. 

Tags : Caleg PKB , Pemuda

Berita Terkait