Cak Imin: Kriminalisasi yang Menghasilkan Ketidakadilan Harus Dilawan

| Kamis, 26/04/2018 23:20 WIB
Cak Imin: Kriminalisasi yang Menghasilkan Ketidakadilan Harus Dilawan Cak Imin menjadi narasumber dalam acara Indonesia Leaders Forum di Jakarta (dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tokoh nasional, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan ketidakadilan dalam sebuah tatanan nation state muncul ketika terjadi kesalahpahaman antara yang ditangkap oleh pemerintah dengan apa yang berkembang dan tumbuh di masyarakat.

Cara yang medesak dilakukan jika ketidakadilan tersebut terjadi adalah membangun suatu rasa saling percaya dan tidak ada saling curiga. Hal ini bisa menjadi titik temu yang seimbang dan sejajar.

“Akhir-akhir ini hampir tidak ada dialog, tapi monolog. Yang ada adalah masing-masing merasa paling benar dalam satu sistem kebangsaan kita,” kata Cak Imin saat menghadiri Indonesia Leaders Forum di Jakarta, Kamis 26 April 2018.

Oleh sebab itu, lanjut Cak Imin, seluruh elemen bangsa dengan ragam agama, adat, dan budaya yang ada di Indonesia harus duduk bersama membicarakan rasa ketidakadilan tersebut agar tidak memunculkan kesalahpahaman.

Menurut Cak Imin, kesalahpahaman adalah muara dari munculnya kriminalisasi dan diskriminasi.

“Dan kriminalisasi yang menghasilkan ketidakadilan apapun harus kita atasi dan kita lawan menjadi perbaikan yang lebih adil dan menenangkan,” pungkas Cak Imin.

Untuk diketahui, turut hadir dalam Indonesia Leaders Forum tersebut sejumlah tokoh lain, diantaranya Fadli Zon, Anis Matta, Anies Baswedan dan dipandu oleh Bahtiar Nasir sebagai penggagas acara.

Tags : Cak Imin , Ketidakadilan , Kriminalisasi