Menkes: Imunisasi Rubella Cegah Anak dari Kecacatan Luar Biasa

| Rabu, 01/08/2018 20:34 WIB
Menkes: Imunisasi Rubella Cegah Anak dari Kecacatan Luar Biasa Imunisasi Rubella (Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek mengungkapkan bahwa imunisasi Measles Rubella (MR) untuk melindungi anak Indonesia dari kecacatan yang luar biasa, seperti kebutaan dan tuli.

"Kalau kena rubella, mungkin tidak meninggal, tapi cacatnya luar biasa, bisa mengalami kebutaan, ketulian. Kita cegah ini dengan imunisasi," kata Menkes RI Nila F. Moeloek dilansir kemnakergoid, Rabu 1 Agustus 2018.

Menurut Nila F. Moeloek, kampanye Imunisasi MR yang dilaksanakan dua fase, pada Agustus-September 2017 dan bulan yang sama pada tahun 2018 adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal.

"Upaya ini untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella secara cepat, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya," katanya.

Untuk diketahui, imunisasi MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama masa kampanye. Imunisasi MR masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin segera setelah masa kampanye berakhir, diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan dan anak kelas 1 SD/sederajat tanpa dipungut biaya.

Tags : Imunisasi Rubella ,

Berita Terkait