Menristekdikti: Akuntan Harus Mampu Adaptasi dengan Industri 4.0

| Kamis, 13/12/2018 18:07 WIB
Menristekdikti: Akuntan Harus Mampu Adaptasi dengan Industri 4.0 Menristekdikti Muhamad Nasir. doc. istimewa

JAKARTA, RADARBANGSA.COMMenteri Riset, Teknologi dan Pendidikan TInggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, profesi akuntan harus beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. 

Menurut Nasir, kehadiran Revolusi Industri 4.0 membawa perubahaan pada penyesuaian pekerjaan pada manusia, mesin, teknologi dan proses di berbagai bidang profesi, termasuk profesi akuntan.

“Pada Revolusi Industri 4.0 terjadi pergeseran yang luar biasa pada berbagai bidang ilmu dan profesi, oleh karena itu cara kerja dan praktik akuntan perlu diubah untuk meningkatkan kualitas layanan dan ekspansi global melalui komunikasi daring dan penggunaan cloud computing” kata Menristekdikti di Jakarta, Rabu 12 Desember 2018.

Bahkan, Menristekdikti berpesan agar para akuntan di era digital tidak boleh memandang sebelah mata dampak dari teknologi, dan perlu menguasai data non-keuangan seperti data analysis, information technology development, dan leadership skills.

"Penggunaan big data dan cloud computing dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan akuntan, dan saat ini sudah banyak perusahaan yang mengengembangkan teknologi ini (big data dan cloud computing)," katanya.

 

Tags : Revolusi Industri , Akuntan , M Nasir ,

Berita Terkait