Gempa 5.0 SR Guncang Sumenep, 32 Rumah Rusak di Pulau Raas

| Selasa, 02/04/2019 18:19 WIB
Gempa 5.0 SR Guncang Sumenep, 32 Rumah Rusak di Pulau Raas Warga Kepulauan Raas Sumenep ketika melihat tembok rumahnya alami kerusakan. (doc.istimewa)

SUMENEP,RADARBANGSA.COM - Gempa tektonik berkekuatan 5,0 skala richter (SR) mengguncang Kecamatan/ Pulau Raas Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa, 2 Maret 2019.

Kepala BMKG Kalianget Sumenep, Usman Khalid mengatakan bahwa getaran terjadi sekitar pukul 08.22 WIB pada koordinat 7,22 LS dan 114,56 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah tenggara Kota Sumenep pada kedalaman 5 km. Ia pun menjelaskan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami,” Usman Khalid.

Meski terjadi gempa susulan pada pukul 08.46 WIB dengan kekuatan M 3,0 dan M 3,6. Usman mengimbau warga tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Sebagaimana laporan dari Camat Raas, Didik Wahyudi, kerusakan sejumlah bangunan rumah terus bertambah.

"Saya sudah lapor kepada bupati ada sekitar 32 bangunan yang rusak, baik kategori rusak berat, sedang maupun ringan," Kata Didik Wahyudi.

Didik sudah melaporkan kerusakan tersebut kepada Pemkab melalui pesan singkat. “Saya juga sudah minta kepala desa untuk mengirim surat resmi, sehingga bisa diajukan untuk mendapatkan bantuan,” katanya.

Gempa berkekuatan 5,0 SR itu dirasakan warga pukul 08.22 WIB pagi tadi. Getarannya terasa hingga Pulau Sapudi, Kangean, Banyuwangi, Denpasar dan Singaraja.

Tags : Sumenep , Gempa Bumi