Sambut Ramadhan, Cak Imin Serukan Ziarah Kubur Serentak

| Kamis, 02/05/2019 22:18 WIB
Sambut Ramadhan, Cak Imin Serukan Ziarah Kubur Serentak (doc. @cakimiNOW)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM- Menyambut datangnya bulan Ramadhan, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengajak kepada seluruh umat Islam, khususnya warga Nahdliyin untuk melakukan ziarah kubur/nyekar ke Makam leluhur, Ulama, Guru, Orang Tua, Saudara dan Makam segenap warga Nahdlatul Ulama.

"Jangan lupa segera ziarah ke makam orang-orang tercinta yang telah mendahului kita, paling tidak guru," ajak Cak Imin lewat akun twitter @cakimiNOW, 2 Mei 2019.

Diantara tradisi umat Islam Indonesia menjelang bulan Ramadhan (akhir Sya’ban) adalah ziarah kubur. Dikutip dari (nu.or.id) sebagian mengistilahkan tradisi ini sebagai arwahan, nyekar (sekitar Jawa Tengah), kosar (sekitar JawaTimur), munggahan (sekitar tatar Sunda) dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi semacam kewajiban yang bila ditinggalkan serasa ada yang kurang dalam melangkahkan kaki menyongsong puasa Ramadhan.

Selain untuk mengirimkan do`a kepada arwah leluhurnya, ziarah kubur juga dipergunakan untuk membersihkan semak atau rumput disekeliling makam.

Cak Imin selaku panglima santri yang lekat dengan tradisi ziarah kubur, mengaku sudah melaksanakan nyekar ke makam leluhurnya.

"Aku sudah kemarin saat pulkam. Allohummagh firlahum warhamhum wa’afihi wa’fu anhum," ucap Cak Imin.

Tidak hanya itu, Cak Imin juga mengajak melakukan nyekar kubro serentak pada hari Minggu, 5 Mei 2019 Pukul 13.00 WIB. "Ayo warga Nahdliyin kita sambut Ramadhan dengan nyekar/ziarah Kubro serentak," tulis Cak Imin.

Tags : Ziarah Kubur , Ramadhan , Cak Imin

Berita Terkait