TNI AD Akhirnya Pertahankan Enzo Sebagai Taruna Akmil

| Selasa, 13/08/2019 17:57 WIB
TNI AD Akhirnya Pertahankan Enzo Sebagai Taruna Akmil Kepala Staf TNI AD Andika Perkasa menggelar konferensi pers di gedung Mabesad, Jakarta, Selasa (13/8) terkait salah satu Taruna Akmil, Enzo Zenz Allie. (Foto: okezonecom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan bahwa pihaknya tetap mempertahankan Enzo Zenz Allie (18) menjadi salah satu Taruna Akademi militer (Akmil) 2019. Kepastian tersebut setelah TNI AD melakukan penelusuran lebih lanjut kepada Enzo bahwa didalam jiwanya berpegang teguh kepada Pancasila.

Sebelumnya, nama Enzo yang merupakan blesteran Prancis-Indonesia sempat viral dan menjadi perbincangan masyarakat setelah Kepala TNI Hadi Tjahjanto berbicara dengannya menggunakan bahasa Prancis. Kemudian, penelusuran netizen melalui sosial media milik Enzo, diriya diduga terafiliasi dengan ormas terlarang di Indonesia, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Kami ajukan pada Sabtu dan Minggu. Kesimpulan Enzo dilihat dari indeks moderasi bernegara memiliki nilai 84 persen. Jadi indek moderasi keberagaman cukup bagus. Angkatan darat mempertahankan Enzo," kata Andika saat konferensi pers di gedung Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2019.

Baca Juga: Enzo Diduga Simpatisan HTI, Menhan: Gak Ada Urusan, Pecat!

Dia menerangkan, meskipun begitu pihaknya tetap akan melakukan penilaian terhadap yang bersangkutan selama menjalani pendidikan di Akmil selama empat tahun mendatang. Andika menyebut, seluruh calon perwira itu tak selamanya akan lolos dari pendidikan tersebut.

Andika berharap, seluruh Taruna Akmil termasuk Enzo yang sedang menempuh pendidikan untuk dapat menjadi seorang TNI yang nantinya bisa menjaga keutuhan NKRI.

"Harapan saya Enzo dan teman-teman lulus pada saat seleksi awal. Sehingga mereka bisa menjadi perwira TNI AD yang bisa menjaga keutuhan NKRI," pungkasnya. 

Tags : Enzo Zenz Allie , Taruna Akmil , TNI AD

Berita Terkait