Kemnaker Fokus Ciptakan Lapangan Kerja Sambut Revolusi 4.0

| Rabu, 25/09/2019 14:25 WIB
Kemnaker Fokus Ciptakan Lapangan Kerja Sambut Revolusi 4.0 Menteri Hanif Dhakiri (foto: kemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menilai revolusi 4.0 menjadi momentum untuk meningkatkan kapasitas, kualitas dan kuantitas ketenagakerjaan Indonesia.

Berangkat dari hal ini, Kemnaker fokus menciptakan lapangan kerja lebih banyak dan menguatkan mutu tenaga kerja. Itu dilakukan guna mengembangkan industri nasional agar semakin kompetitif dan produktif.

Demikian disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri saat memberikan arahan dalam acara seminar "Peran Politeknik Ketenagakerjaan dalam Mewujudkan SDM Unggul” di Jakarta, Senin 23 September 2019.

“Saya berharap semua pihak yang berkepentingan bisa memanfaatkan momentum revolusi industri untuk bergerak menciptakan harmonisasi pembangunan hubungan industrial yang kondusif,“ ujar Hanif.

Untuk mewujudkan kedua rencana di atas, Hanif mengimbau lembaga pendidik, seperti Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) bersinergi dengan industri sesuai kejuruan atau bidang yang diajarkan. Dengan begitu, tak hanya meraih target kuantitas lulusan, tapi juga mampu mencetak lulusan berkualitas sesuai kebutuhan dunia industri saat ini.

Tak hanya itu, Hanif juga mengajak pelaku industri lainnya agar dapat terus membaur dengan instansi pemerintah guna menginvestasikan sumber daya manusia (SDM) sebanyak mungkin.

“SDM unggul yang memiliki daya saing harus disiapkan sehingga ekonomi bisa tumbuh secara produktif dan kesejahteraan masyarakat bisa ditingkatkan," katanya.

Tags : Hanif Dhakiri , Kemnaker , Revolusi 4.0

Berita Terkait