Kunker ke BPN Jatim, Nihayatul Wafiroh Apresiasi Kepala Daerah Terus Galakkan PTSL

| Jum'at, 27/09/2019 18:01 WIB
Kunker ke BPN Jatim, Nihayatul Wafiroh Apresiasi Kepala Daerah Terus Galakkan PTSL Wakil Ketua Komisi II DPR RI Nihayatul Wafiroh melakukan kunker di kantor BPN Provinsi Jawa Timur (foto: facebook)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Nihayatul Wafiroh melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Spesifik ke Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Jumat 27 September 2019.

Acara yang dihadiri 39 Kepala ATR/BPN se Jawa Timur itu membahas perkembangan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), “Jatim ini salah satu Provinsi yang memiliki beban PTSL yang banyak di Indonesia,” kata Niyahatul Wafiroh, seperti dilihat di fanpage Facebooknya.

“Alhamdulillah 98 persen dari target total PTSL di Jatim sudah selesai. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya masih banyak warga di daerah-daerah tertentu yang belum memiliki KTP Elektronik (syarat pengajuan PTSL),” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengapresiasi sejumlah kepala daerah yang terus menggalakkan PTSL di daerahnya masing-masing.

“Saya juga mengapresiasi sejumlah Kepala Daerah di Jatim yang turut menggalakkan PTSL, seperti yang dilakukan Bupati Bojonegoro, mbak Anna Muawanah. Satu bulan pasca dilantik, mbak Anna langsung menggagas program Gerakan Masyarakat memasang patok atau batas tanah. Dampaknya tentu sangat baik, petugas ATR/BPN menjadi lebih cepat mendokumentasi, mengukur dan menerbitkan sertifikat tanah warga,” katanya.

Untuk itu, anggota DPR asal Dapil Jatim 3 itu mendorong kepada Kementerian Dalam Negeri dan Dukcapil di daerah untuk terus mengoptimalkan perekaman e-KTP.

“Saya juga berharap kepala ATR/BPN di Jatim untuk proaktif berdiskusi dengan Komisi II dan menyampaikan ragam persoalan terkait pertanahan di daerahnya masing-masing,” tukasnya. 

Tags : PKB , Nihayatul Wafiroh , PTSL