India Masih Mikir-Mikir, Ini 15 Negara Siap Gabung Kelompok Dagang RCEP

| Selasa, 05/11/2019 19:31 WIB
India Masih Mikir-Mikir, Ini 15 Negara Siap Gabung Kelompok Dagang RCEP Presiden Jokowi menghadiri KTT East Asia Summit (foto: @jokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Komite Perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), Iman Pambagyo, mengemukakan, persetujuan negosiasi untuk menjadikan negara-negara ASEAN plus 6 negara kawasan sudah diselesaikan oleh 15 negara. Sementara India masih belum menyatakan sikap.

“Kalau di joint statement dari 16 negara, 15 sudah menyatakan selesai. Apa yang dirundingkan dinyatakan selesai, India ada di working group tadi. Tapi setelah dibawa ke New Delhi, mereka katakan ada hal-hal yang masih sulit diterima. Jadi kami pikir akan dibawa ke domestik India,” kata Iman dikutip setkabgoid, Selasa 5 November 2019.

Diantara yang sudah menyatakan sikap gabung dengan kelompok dagang RCEP adalah Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam- ditambah Jepang, RRT, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

Iman menyampaikan, negara-negara yang gabung dengan RCEP mengapresiasi dan terima kasih kepada Indonesia yang telah menjadi Koordinator perundingan tersebut.

“20 bab selesai tinggal teruskan perundingan tentang akses pasar, mungkin yang cukup berat  3% an,” ungkapnya.

Tags : RCEP , ASEAN , Indonesia

Berita Terkait