Luluk Minta Pemerintah Berikan Akses Informasi Pasar Internasional ke Petani

| Minggu, 08/12/2019 16:44 WIB
Luluk Minta Pemerintah Berikan Akses Informasi Pasar Internasional ke Petani Anggota Fraksi PKB DPR RI, Luluk Nur Hamidah (foto Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Luluk Nur Hamidah mengungkapkan, permintaan terhadap komoditas pertanian yang paling besar di Amerika Serikat (AS) saat ini adalah kakao, vanili, lada hitam, lada putih, dan kayu manis.

“Komoditas ini tentu tidak sulit di Indonesia karena merupakan tanaman tropis yang sudah lama dibudidayakan di negara ini,” kata Anggota Komisi IV DPR RI dalam rilisnya diterima radarbangsa di Jakarta, Minggu 8 Desember 2019.

Begitupun trend pasar di Amerika, lanjut Luluk, menunjukkan permintaan yang besar terhadap jenis produk makanan olahan khususnya dari produk pertanian organik. Kesadaran warga Amerika akan makanan yang sehat dan berkualitas mendorong meningkatnya pesanan produk makanan organik dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Produk makanan ringan seperti kacang-kacangan, minuman buah segar, sarang burung wallet dan kopi dibutuhkan dalam jumlah yang besar. Komoditas-komoditas itu pun sangat familiar di berbagai daerah sehingga dapat dipenuhi oleh Indonesia,” jelasnya.

Legislator asal Dapil Jateng IV itu berharap, Pemerintah dapat menangkap peluang pasar Amerika Serikat untuk meningkatkan nilai ekspor produk-produk pertanian dan perkebunan Indonesia.

“Berikan akses dan informasi terkait pasar internasional yang bisa ditembus untuk memasarkan produk unggulan pertanian dan produk makanan olahan siap saji para petani,” katanya.

Selain itu, Luluk juga minta Pemerintah agar memaksimalkan peran Atase Pertanian karena mereka memiliki data “Market Intelijen” yang sangat berharga. Kalau perlu ditambah personilnya karena dengan hanya 4 Atase Pertanian yang dimiliki Indonesia, terkesan kurang serius dan kurang progresif dalam menigkatkan ekspor pertanian Indonesia.

Dan tak kalah penting adalah Pemerintah harus lebih responsif dalam menyikapi semua informasi pasar dunia dan manfaatkan data serta informasi yang diberikan oleh perwakilan Indonesia di luar negeri untuk menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan secara cepat, akurat, efektif dan bernilai.

Tags : Luluk Nur Hamidah , Pasar Internasional , Ekspor , Petani

Berita Terkait