Profil Singkat 9 Anggota Wantimpres Baru

| Jum'at, 13/12/2019 17:44 WIB
Profil Singkat 9 Anggota Wantimpres Baru Presiden Jokowi melantik Wantimpres baru di Istana Merdeka (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 9 (sembilan) Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Dari kesembilan anggota Wantimpres pilihan Presiden Jokowi tersebut ada dari mantan jenderal, politisi, pengusaha hingga ulama. 

Pertama, Wiranto yang ditunjuk sebagai Ketua Wantimpres pernah menjabat sebagai Panglima ABRI, Menkopolhukam pada periode pertama Presiden Jokowi, pendiri partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Pria kelahiran Yogyakarta, 4 April 1947 itu juga pernah maju sebagai capres yang berpasangan dengan Salahudin Wahid pada 2004 silam. Kemudian ia juga maju sebagai Cawapres mendampingi Jusuf Kalla namun kalah.

Kedua Arifin Panigoro, ia merupakan pengusaha kelas kakap dalam perminyakan di Tanah air.  Bahkan ia dijuluki sebagai ‘Raja Minyak Indonesia’. Pria kelahiran 14 Maret 1945 itu merupakan pengusaha berdarah Gorontalo.

Dikutip dari laman wikipedia, Arifin Panigoro sebagai pemilik Medco Energi yaitu perusahaan tambang minyak dan gas bumi swasta terbesar di Indonesia. Pria lulusan Elektro Teknik ITB tahun 1973 itu memulai usaha sebagai kontraktor instalasi listrik door to door yang kemudian mendirikan Medco untuk melakukan bisnis pengeboran minyak.

Ketiga Sidarto Danusubroto, Ia merupakan mantan Ketua MPR RI menggantikan Taufik Kiemas pada 2013 lalu. Pria kelahiran Pandeglang, 11 Juni 1936 itu tercatat sebagai purnawirawan jenderal polisi dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal Polisi.

Keempat Agung Laksono, Ia merupakan politisi senior Partai Golkar. Pria kelahiran Semarang, 23 Maret 1949 itu pernah menjabat sebagai Ketua DPR RI periode 1999-2004 silam. Ia juga tercatat sebagai Menkokesra era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kelima Habib Luthfi bin Yahya , Ia merupakan ulama kharismatik asal Pekalongan, Jawa Tengah. Ulama kelahiran, Pekalongan 10 November 1947 itu tercatat pernah menjadi Ketua MUI Jateng.

Dikutip laman wikipedia, Putra Al-Habib Al- Hafidz ‘Ali al-Ghalib itu merupakan Ro’is ‘Am Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) dan Ketua Forum Sufi Internasional.

Keenam Putri Kuswisnu, Ia merupakan putri dari Mooryati Soedibyo yang juga pendiri dan perintis PT Mustika Ratu. Perempuan kelahiran 20 September 1959 itu merupakan lulusan Amerika Serikat ini tercatat sebagai Direktur Utama PT Mustika Ratu sejak 2011 lalu. Saat memimpin perusahaan kosmetik itu, Putri telah melakukan terobosan-terobosan hingga perusahaan itu maju sangat pesat.

Ketujuh Dato Sri Tahir, Ia merupakan pengusaha sekaligus pendiri Mayapada Group. Group usaha ini mulai dari rumah sakit, perbankan, media hingga televisi. Pria kelahiran Surabaya 26 Maret 1952 itu juga tercata sebagai orang terkaya ke-7 di Indonesia dengan kekayaan 4,8 miliar dollar AS.

Kedelapan Muhammad Mardiono, Ia merupakan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPW PPP Banten. Selain politisi, Mardiono juga tercatat sebagai pengusaha dan pemilik hotel Le Dian Serang dan Le Semar.

Pemilik perusahaan PT Buana Centra Swakarsa Cilegon itu juga merupakan mantan Ketua Pengusaha Pribumi Provinsi Banten dan Waketum PPP.

Kesembilan Soekarwo, Ia merupakan mantan Gubernur Jawa Timur selama dua periode yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Provinsi Jatim. Pria yang akrab disapa Pakdhe Karwo ini tercatat sebagai lulusan Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Diponegoro.

Tags : Wantimpres , Presiden Jokowi

Berita Terkait