Indonesian Movie Night di Pyongyang Sukses Menarik Minat Masyarakat Asing

| Kamis, 19/12/2019 10:50 WIB
Indonesian Movie Night di Pyongyang Sukses Menarik Minat Masyarakat Asing Ratusan penonton nampak antusias menikmati Indonesian Movie Night di Pyongyang, Korea Utara (foto kemlugoid)

PYONGYANG, RADARBANGSA.COM - Untuk pertama kalinya, KBRI melakukan tayangan film Indonesia untuk masyarakat asing di Pyongyang, Korea Utara di bioskop milik Kedutaan Besar Polandia di Pyongyang, 12 Desember 2019 yang lalu.

Acara yang bertajuk Indonesian Movie Night tersebut menayangkan film Keluarga Cemara arahan Yandy Laurens. Penayangan film ini dihadiri oleh lebih dari 95 penonton masyarakat asing (expats) yang bekerja dan tinggal di Korea Utara.

Duta Besar RI untuk Korea Utara, Berlian Napitupulu mengaku bangga dan senang lantaran seluruh penonton yang berasal dari sejumlah Negara antusias menikmati film Indonesia.

“Saya sempat khawatir karena malam ini turun hujan, tetapi Puji Tuhan ternyata penonton membludak memenuhi bioskop milik Kedutaan Besar Polandia di Pyongyang tempat kita menayangkan film Indonesia tersebut,” kata Berlian.

Saking ramainya Indonesian Movie Night, kata Berlian, Kedubes Polandia bahkan harus memasang dua puluh kursi tambahan karena penonton melebihi kapasitas. “Baru malam ini kami menyaksikan begitu banyak orang menonton di bioskop Kedubes Polandia tersebut," kata dia.

Menurut Berlian, mayoritas penonton menyukai tayangan film Indonesia berjudul Keluarga Cemara. Mereka menyatakan bahwa film Indonesia ini sangat menarik karena menampilkan pentingnya sebuah keluarga, peran keteladanan orang, tentang perjuangan anggota keluarga menghadapi lingkungan baru dan kekompakan keluarga dalam menghadapi krisis ekonomi yang mereka hadapi.

“Budaya Indonesia yang ditampilkan film Keluarga Cemara ini juga berlaku untuk negara-negara lain. Itulah sebabnya kami tampilkan film ini," ungkap Berlian.

Sebelumnya, KBRI Pyongyang melakukan beberakali nonton bareng bersama di Wisma Duta Besar Indonesia untuk menyeleksi film yang laik tayang untuk masyarakat asing dari berbagai negara yang ada di Pyongyang.

Pilihan jatuh kepada Keluarga Cemara yang merupakan kisah drama keluarga untuk seluruh umur dan lekat dengan nilai-nilai kekeluargaan serta nilai-nilai gotong royong tidak hanya antara anggota keluarga tetapi juga keluarga besar dan tetangga.

Seorang penonton asal Inggris mengatakan film ini sangat bagus. Emosi penonton dibawa naik dan turun. Dia tertawa di satu adegan kemudian menangis di adegan berikutnya. Film ini sukses membuat dia berkali-kali mengusap air mata.

Melalui film ini dia dapat melihat segelintir kehidupan keluarga dan bermasyarakat di Indonesia yang berbeda dengan negaranya. Namun, ada nilai-nilai universal dalam berkehidupan yang dapat dia petik dari cerita ini.

Tags : Kemlu , Pyongyang , Indonesian Movie Night

Berita Terkait