DPR dan Pemerintah Rapat Koordinasi, Samakan Persepsi RUU Cipta Lapangan Kerja

| Rabu, 29/01/2020 21:02 WIB
DPR dan Pemerintah Rapat Koordinasi, Samakan Persepsi RUU Cipta Lapangan Kerja Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly terkait dengan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Usai rapat koordinasi, Puan menyampaikan bahwa pertemuan tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi antara DPR RI dengan Pemerintah.

"Menyamakan persepsi terkait dengan pembahasan Omnibus Law yang nantinya akan diserahkan Pemerintah, sebagai inisiatif Pemerintah," kata Puan dihadapan awak media, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Jangan Ada Pasal Titipan di RUU Omnibus Law

Saat ini Kemenko Perekonomian sedang membahas draf Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Jika sudah final, maka akan diserahkan secara resmi kepada DPR RI.

"Kemarin sudah dilakukan ratas untuk membahas ini, sepertinya draf tersebut sudah masuk kata final, namun masih ada perbaikan, untuk memperkuat hal-hal subtansi yang mendasar," imbuh Politisi PDI Perjuangan itu.

Sementara, Airlangga mengungkapkan bahwa draf yang dibuat sudah selesai. "Draf sudah selesai tinggal membahas langkah mekanisme selanjutnya. Kita mengikuti mekanisme yang ada di DPR RI. Jadi kita samakan persepsi tersebut, sehingga proses selanjutnya bisa berjalan dengan lancar," paparnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Target Omnibus Law Selesai Sebelum 100 Hari Kerja

Setelah draf RUU tersebut disampaikan secara resmi ke DPR RI, maka langkah selanjutnya DPR RI akan membahasnya melalui Rapat Pimpinan, atau Rapat Badan Musyawarah dengan melibatkan semua Pimpinan Fraksi yang ada di DPR RI dan para Pimpinan Komisi.

Puan menambahkan, jika draf resmi sudah diterbitkan, dia berharap dapat disosialisasikan sebaik-baiknya. "Sinergi antara Pemerintah dan DPR RI, nantinya kalau drafnya sudah diterima DPR, untuk bisa mensosialisasikan draf Omnibus Law ini sebaik-baiknya," ucapnya.

Tags : DPR RI , RUU Cipta Lapangan Kerja , Jokowi