Pemerintah Nilai Ibu Kota Baru Punya Banyak Potensi

| Rabu, 12/02/2020 09:16 WIB
Pemerintah Nilai Ibu Kota Baru Punya Banyak Potensi Ibu Kota Negara Baru, Penajam Paser Utara (Foto: Nasional Tempo)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru saat ini terus berjalan. Pemerintah memilih Penajam Paser Utara di Wilayah Kalimantan Utara sebagai IKN karena melihat berbagai potensi yang dapat dikembangkan.

Dari sisi ekonomi Pemerintah optimis wilayah ini memiliki potensi ekonomi, kekayaan alam dan wisata yang besar.

"Saya harap pembangunan IKN yang baru akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di daerah sekitar Sepaku dan di daerah Balikpapan dan Samarinda dan sekitarnya" Ucap Wamenkeu  pada Selasa, 11 Januari 2020.

Melalui pembangunan konstruksi yang dilakukan secara masif, rencana pemindahan IKN juga diharapkan dapat membuka investasi infrastruktur, menciptakan lapangan kerja yang besar, serta meningkatkan konsumsi dan output lintas sektor. 

Dari segi lokasinya, calon IKN baru juga akan membuka jalur-jalur perdagangan antarwilayah di Indonesia lebih luas lagi, sehingga dapat tercipta pemerataan dan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah ancaman resesi global.

Saat ini mayoritas mata pencaharian utama masyarakat Panajam Paser Utara hanya bercocok tanam. Melalui fakta tersebut Sekda menyampaikan dengan adanya rencana pemindahan ibu kota negara, masyarakat Panajam Paser Utara dapat membuka peluang potensi diversifikasi pendapatannya.

 

Tags : Ibu Kota Baru , Penajam Paser Utara

Berita Terkait