Menteri Agus Suparmanto Serahkan Bantuan Alat Medis ke Tiga RS di Jakarta

| Jum'at, 01/05/2020 03:31 WIB
Menteri Agus Suparmanto Serahkan Bantuan Alat Medis ke Tiga RS di Jakarta Mendag Agus Suparmanto menyerahkan bantuan secara simbolis kepada tiga rumah sakit di wilayah DKI Jakarta (foto: Humas Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto secara simbolis menyerahkan bantuan yang sebagian besar merupakan perangkat alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan kepada tiga rumah sakit di wilayah DKI Jakarta, yaitu RSUD Budhi Asih, RSUD Tebet, dan RSKD Duren Sawit, Rabu 29 April 2020 kemarin.

Penyerahan bantuan bantuan tersebut dilaksanakan di Kementerian Perdagangan merupakan hasil penggalangan bantuan dari pegawai Kementerian Perdagangan dan masyarakat yang dikoordinasikan melalui program ‘Kemendag Peduli’.

“Dengan semangat ingin mendukung tenaga medis di garis depan penanganan COVID-19, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada tenaga medis yang berada di garda depan melawan COVID- 19 dengan memberikan bantuan alat kesehatan. Diharapkan, bantuan ini dapat sedikit membantu perjuangan para tenaga medis dalam melawan COVID-19 di Indonesia,” ujar Mendag Agus Suparmanto dilansir kemendaggoid, Kamis 30 April 2020.

Mendag Agus menguraikan, bantuan yang diserahkan kepada tiga rumah sakit masing-masing yaitu pakaian APD, masker medis, sarung tangan, cover sepatu, hand sanitizer, suplemen, penutup wajah (face shield), termasuk donasi berupa uang, dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan masing- masing rumah sakit. 

“Bantuan APD ini disampaikan ke rumah sakit, mengingat masih adanya keterbatasan ketersediaan APD dan alat kesehatan. Ke depannya, Kemendag Peduli juga akan menyalurkan bantuan ke berbagai pihak yang bernar-benar membutuhkan di berbagai daerah, khususnya enam provinsi yang merupakan zona merah, termasuk wilayah DKI Jakarta,” ujar Oke Nurwan.

Pada kesempatan itu, Oke melaporkan posisi terkini jumlah donasi yang terkumpul melalui Kemendag Peduli, yaitu berupa uang sebesar sekitar Rp588,6 juta, 46 ribu buah masker, 20 ribu sarung tangan, 30 buah kacamata pelindung, 6.400 baju APD, 1.000 buah cover sepatu, dan 440 botol hand sanitizer. Selain itu, ada pula sejumlah obat suplemen atau vitamin, penutup wajah, dan disinfektan. Ada pula bantuan barang kebutuhan pokok yang terkumpul berupa mi instan dan beras sebanyak 2,5ton yang akan disampaikan kepada pihak-pihak yang berhak.

 

Tags : Menteri Agus Suparmanto , Kemendag , Alat Medis

Berita Terkait