Percepat Pemeriksaan Covid-19, Pemerintah Kirim Tes Cepat Molekuler TBC ke Daerah

| Selasa, 05/05/2020 03:51 WIB
Percepat Pemeriksaan Covid-19, Pemerintah Kirim Tes Cepat Molekuler TBC ke Daerah Achmad Yurianto (foto: covid19goid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Jubir Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, mesin Tes Cepat Molekuler untuk TBC (TCM-TBC) sudah bisa digunakan untuk pemeriksaan Covid-19. Pemerintah telah mendatangkan 1.500 cartridge khusus Covid-19 itu dan sudah didistribusikan ke daerah.

“Ini (cartridge Covid-19) sudah kami distribusikan untuk memperpendek waktu tunggu pemeriksaan spesimen,” kata Achmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta, Senin 4 Mei 2020.

Yuri, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa 1.500 cartridge tersebut telah didistribusikan ke Sukabumi, Banyumas, Kediri, Lumajang, Palangkaraya, Balikpapan, Kendari, Sumbawa, Mimika, Merauke, Yapen, Sorong, Ternate, Tarakan, dan Nunukan.

“Ini adalah bagian dari upaya kita untuk meningkatkan pemeriksaan lebih banyak, lebih masif, dan nantinya akan disertai dengan isolasi yang lebih ketat,” jelasnya.

Pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan mesin TCM-TB diprioritaskan bagi pasien dalam pengawasan agar bisa cepat ditentukan statusnya positif atau negatif.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Mesin TCM TBC

Berita Terkait