Jelang Idul Adha, Masyarakat Diminta Lebih Waspada Terhadap Zoonosis

| Minggu, 12/07/2020 13:28 WIB
Jelang Idul Adha, Masyarakat Diminta Lebih Waspada Terhadap Zoonosis Ancaman Penyakit Zoonosis Pada Hewan (Doc: Suara)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah menghimbau agar masyarakat tetap mewaspadai bahaya zoonosis. Pasalnya, zoonosis adalah penyakit yang dapat berpindah dari hewan ke manusia, dan 75% dari penyakit yang menular kepada manusia adalah zoonosis.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Kemenkes, Siti Nadia mengatakan dalam waktu dekat ini masyarakat akan memasuki masa idul adha. Ia pun meminta agar  masyarakat tidak mengambil resiko menyembelih hewan yang sakit meskipun hanya sakit ringan.

Siti mengatakan terdapat tiga hal yang harus diperhatikan. Yaitu, jangan menyembelih hewan sakit meski ringan, jangan mengkonsumsi hewan mati serta dilarang mengkonsumsi daging atau produk lainnya dari hewan sakit. 

“Jika kita melakukan tiga hal ini, maka kita telah berperan dalam mencegah penularan zoonosis," ungkapnya dalam keterangan resmi Kementan, Minggu 12 Juli 2020.

Selain itu, masyarakat juga wajib menjaga keamanan pangan asal ternak yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). Karena potensi Zoonosis juga muncul dari tingkat kebersihan pangan ternak.

Disisi lain, Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) juga musti diterapkan dengan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun, mencuci bahan makanan sebelum diolah, biasakan memasak dengan benar dan jaga kebersihan di sekitar makanan.

Lalu, jika terdapat gejala sakit akibat makanan tercemar, Siti meyarankan agar secepatnya datang ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdekat.

"PHBS ini tidak hanya diterapkan pada pengolahan makanan. Kebiasaan baik tersebut juga harus dilakukan ketika berinteraksi dengan hewan peliharaan," tutur Siti Nadia.

Tags : Zoonosis , Waspada , Menular

Berita Terkait