Kementerian PUPR Revitalisasi 4 Pasar Rakyat di Sejumlah Daerah

| Rabu, 29/07/2020 15:30 WIB
Kementerian PUPR Revitalisasi 4 Pasar Rakyat di Sejumlah Daerah Pasar hasil revitalisasi Kementerian PUPR (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merevitalisasi empat buah pasar rakyat yakni Pasar Kaliwungu di Kabupaten Kendal dan Pasar Klewer Timur di Surakarta Jawa Tengah, Pasar Pariaman di Kota Pariaman di Sumatera Barat, serta Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa pekerjaan revitalisasi pasar tersebut dimulai pada Desember 2019 dan ditargetkan selesai pada tahun 2020. Kegiatan ini menindaklanjuti penugasan Presiden RI yang disampaikan pada Sidang Kabinet Paripurna tanggal 18 Juli 2018.

“Konsep revitalisasi pasar disesuaikan dengan keselarasan lingkungan yang mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal. Seluruh kegiatan mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan melibatkan Pemerintah Daerah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pasar Kaliwungu, Kendal yang terbakar pada tahun 2017 silam di Jawa Tengah saat ini telah selesai 100 % dibangun kembali dengan desain dan kualitas yang lebih baik.

Selanjutnya Revitalisasi Pasar Pariaman juga menggunakan konsep Bangunan Gedung Hijau (BGH), sehingga memiliki fungsi selain sebagai tempat aktifitas transaksi antara pedagang dan konsumen, juga sebagai tsunami shelter. 

Sementara Pasar Klewer Timur Kota Surakarta dibangun kembali dengan konsep pasar ramah lingkungan. Bangunan pasar terdiri dari 2 lantai di bawah tanah dan 1 lantai di permukaan dengan progres fisiknya mencapai 71,29 persen.

Di Provinsi Bali, Kementerian PUPR juga tengah merevitalisasi Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar yang populer di kalangan para wisatawan mancanegara dan domestik. Di Pasar Sukawati dijual hasil kerajinan karya seni masyarakat Bali dengan harga terjangkau sehingga menjadi salah satu destinasi belanja para wisatawan.

Masih terdapat 4 pasar lainnya yang saat ini juga ditangani Kementerian PUPR di sejumlah daerah, yaitu Pasar Legi Ponorogo, Pasar Renteng Lombok Tengah, Pasar Benteng Pancasila Mojokerto, Pasar Pon Trenggalek.

Tags : Kementerian PUPR , Pasar Rakyat

Berita Terkait