Dukung Ketersediaan Air di Bali, PUPR Bangun Bendungan Sidan

| Jum'at, 07/08/2020 18:28 WIB
Dukung Ketersediaan Air di Bali, PUPR Bangun Bendungan Sidan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (foto: pugoid)

BADUNG, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun Bendungan Sidan di Kabupaten Badung, Bali. Pembangunan bendungan ini untuk mendukung ketersediaan air baku di pulau yang menjadi destinasi wisata dunia itu.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pembangunan bendungan Sidan merupakan salah satu dari 65 bendungan yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) yang menjadi salahsatu prioritas Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo dan Wapres KH. Ma`ruf Amin.

"Tadi saya tinjau progresnya sekitar 18%, minus 4% karena ada masalah teknis bidang gelincir yang menimbulkan potensi longsor, tetapi itu pasti bisa diatasi dengan teknologi yang ada," kata Menteri Basuki dilansir pugoid, Jumat 7 Agustus 2020.

Menteri Basuki menjelaskan, untuk mengatasi permasalahan teknis tersebut, saat ini sedang dibahas metodologi terbaik untuk penanganan potensi longsor tersebut.

"Tadi sudah saya telepon Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR untuk segera diputuskan metodologi penanganan yang tepat. Mudah-mudahan minggu depan sudah ada keputusan sehingga progres minus masih bisa kita kejar," ungkapnya.

Dengan kapasitas 3,8 juta meter kubik, Bendungan Sidan akan menjadi sumber air baku bagi kebutuhan domestik dan pariwisata. "Dalam proyeksi kami, inipun masih kurang untuk memenuhi kebutuhan air baku Bali ke depan, sehingga kita rencanakan untuk membangun beberapa bendungan lagi, termasuk BendunganTamblang di Kabupaten Buleleng yang saat ini juga sedang dikerjakan," kata Menteri Basuki.

Tags : Kementerian PUPR , Bendungan Sidan

Berita Terkait