Gerakan Pakai Masker Perlu Libatkan Semua Pihak

| Selasa, 11/08/2020 15:50 WIB
Gerakan Pakai Masker Perlu Libatkan Semua Pihak Masker (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Selama masa pademi COVID-19, masker merupakan hal yang wajib untuk dikenakan terutama pada masa adaptasi kebiasaan baru karena mampu mencegah terpaparnya virus SARS-CoV-2. Dengan menggunakan masker, cipratan droplets menjadi terhalang masuk ke mulut atau hidung seseorang.

Menurut Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, masker wajib dikenakan jika berada di luar rumah, ketika berbicara dengan orang lain, dan ketika sedang sakit agar tidak menularkan dan tertular penyakit. Selama masa adaptasi kebiasaan baru yang sudah memasuki bulan kelima, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengajak masyarakat menggunakan masker.

"Salah satunya melalui kolaborasi dengan tokoh masyarakat, ulama, dan relawan untuk menyukseskan gerakan menggunakan masker agar terciptanya suatu kebiasaan dan perilaku baru di masyarakat," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan di Jakarta, Senin 10 Agustus 2020. 

Seraya menambahkan, Sekretaris Bidang Komunikasi Tim Koordinator Relawan Satgas Penanganan Covid-19 Devi Purgativa turut menjelaskan bahwa tim relawan telah mengajak beberapa stakeholder seperti Kantor Staf Presiden, organisasi masyarakat, LSM, hingga UMKM untuk bekerjasama menyukseskan gerakan kampanye menggunakan masker di masyarakat.

“Nah kampanye yang kita akan lakukan itu melalui satu sosial media dan juga relawan itu turun ke lapangan," ungkapnya. 

Tags : Virus Corona , Covid19 , Masker

Berita Terkait