Genjot Ekspor, Kemendag Gandeng PPI se-Dunia dan Pelaku Usaha Perempuan

| Sabtu, 22/08/2020 07:05 WIB
Genjot Ekspor, Kemendag Gandeng PPI se-Dunia dan Pelaku Usaha Perempuan Petugas Fasilitasi Ekspor Karet ke China (Doc: Barantan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak mahasiswa tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di seluruh dunia untuk terlibat dalam program ekspor yang kini sedang digenjot.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan, perdagangan adalah wujud nyata hubungan antar negara. Jadi perdagangan internasional melibatkan juga diplomasi-diplomasi sebagai kepanjangan tangan dari kepentingan seluruh masyarakat Indonesia.

“Dan ini bukan hanya tugas pemerintah, seluruh elemen bangsa, termasuk para mahasiswa juga punya kewajiban untuk menjadi duta dalam dunia perdagangan," katanya di Jakarta, Kamis, 20 Agustus 2020.

Kepentingan perdagangan internasional Indonesia, menurut Jerry sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu, pertama menjaga keseimbangan neraca dagang bahkan diusahakan untuk memperbesar surplus. Kedua, memperluas pasar ekspor Indonesia.

Selain itu, Kemendag juga melanjutkan kerja sama pembinaan dan promosi ekspor dengan Trade Facilitation Office (TFO) Kanada.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyebut langkah kerja sama ini dilakukan untuk mendukung pengembangan kapasitas ekspor pelaku usaha Indonesia, khususnya pelaku usaha perempuan.

"Pelaku usaha harus dapat memaksimalkan kerja sama dengan negara mitra untuk mendorong kinerja ekspor Indonesia, khususnya pada masa pandemi virus corona atau Covid-19,” katanya dalam siaran pers.

Menurutnya kerja sama dengan TFO Kanada perlu dilanjutkan, agar manfaat dirasakan lebih besar oleh pelaku usaha Indonesia. Nantinya, para pelaku usaha perempuan juga dapat melakukan ekspor ke pasar Kanada dan menjangkau pasar ekspor lainnya.

Adapun, kesepakatan kerja sama tersebut ditandatangani secara virtual oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Kasan dan Direktur Eksekutif TFO Kanada Steven Tipman.

Tags : Kemendag , Agus Suparmanto , Ekspor