Mendag Agus Suparmanto Buka Rakornas HBKN di Nusa Dua Bali

| Jum'at, 27/11/2020 18:11 WIB
Mendag Agus Suparmanto Buka Rakornas HBKN di Nusa Dua Bali Menteri Perdagangan Agus Suparmanto membuka Rakornas HBKN di Nusa Dua Bali (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto membuka sekaligus memberikan arahan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Barang Kebutuhan Pokok menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Sofitel Bali Nusa Dua, Bali, Kamis 26 November 2020 kemarin.

Dalam arahannya, Mendag Agus Suparmanto menekankan pentingnya sinergi pemerintah pusat dan daerah guna menghadapi potensi kenaikan permintaan barang kebutuhan pokok (bapok) menghadapi hari besar keagamaan nasional (HBKN).

"Dalam beberapa waktu ke depan, secara historis akan ada potensi kenaikan permintaan bapok menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021," kata Mendag Agus Suparmanto dalam keterangan persnya.
 
Namun, jelas Mendag, kondisi rendahnya harga di tingkat petani selama masa pandemi Covid-19 dapat menyebabkan penurunan pasokan karena berkurangnya insentif untuk berproduksi. Selain itu, kondisi musim hujan pada akhir tahun juga bisa mengganggu kelancaran distribusi dan pasokan. Sehingga, pemerintah pusat dan daerah perlu melakukan antisipasi kecukupan pasokan bapok di daerahnya masing-masing sejak dini.
 
Dirjen PDN menambahkan, kegiatan ini rutin dilakukan Kementerian Perdagangan menjelang HBKN. Hal itu dilakukan untuk memastikan harga bapok tetap stabil dan ketersediaan pasokan tercukupi.
 
Stabilitas harga bapok sepanjang tahun 2020 diindikasikan dari tingkat inflasi tahun kalender untuk kelompok komponen pangan bergejolak (volatile food) sebesar 0,12 persen. Relaltif rendahnya tingkat inflasi tersebut dipengaruhi masih lemahnya permintaan masyarakat di tengah terjaganya pasokan dan distribusi pangan.
 
 
Tags : Kemendag , Agus Suparmanto , HBKN

Berita Terkait