Pengkaderan Teroris Kian Masif, Polri: Mereka Ancaman Nyata

| Minggu, 20/12/2020 09:17 WIB
Pengkaderan Teroris Kian Masif, Polri: Mereka Ancaman Nyata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono (foto: humas polri)

RADARBANGSA.COM - Polisi menyebut pengkaderan teroris muda yang dilakukan oleh Jemah Islamiyah (JI) sudah sangat teragenda rapi. Bahkan, perekrutan para kader yang siap tempur juga sudah dilakukan.

Hal ini teridentifikasi dengan adanya 91 kader yang telah dilatih oleh JI dan 66 di antaranya sudah dikirim ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok teror di sana.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi soal adanya kader 91 kader JI yang dilatih siap tempur. Di mana 66 di antaranya sudah dikirim ke Suriah dan beberapa sudah kembali ke Indonesia.

Mereka sudah menyiapkan kemampuan diri dengan pelatihan-pelatihan khusus guna mempersiapkan kekuatan melawan musuh yakni negara dan aparat.

Sebagian besar dari mereka juga sudah berangkat ke Suriah bergabung dengan kelompok teror di sana dan berperan aktif dalam konflik.

"Kemampuan yang sudah diasah di tempat pelatihan dan medan tempur sebenarnya (Suriah) menjadikan mereka sebagai potensi ancaman nyata,” kata Argo kepada wartawan, Jumat, 18 Desember 2020.

Menurut Argo, kader teroris ini dipersiapkan oleh organisasi JI melalui bagian struktur khusus. Penanggung jawab atau amir Jamaah Islamiyah adalah Parawijayanto dan koordinator pelatihan adalah Joko Priyono alias Karso.

Tags : Polisi , Teroris , Suriah , Jemaah Islamiyah

Berita Terkait