Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS Mulai April, Mayoritas Formasi Guru

| Senin, 15/02/2021 14:54 WIB
Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS Mulai April, Mayoritas Formasi Guru Ilustrasi seleksi CPNS (foto: asn.id)

RADARBANGSA.COM - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dipastikan akan dibuka pada April mendatang. Sebanyak 1,3 juta formasi disiapkan dalam rekrutmen ini. Mayoritas diantaranya adalah formasi guru.

Lebih rincinya, formasi penerimaan ASN itu terdiri dari kebutuhan 1 juta guru dengan status PPPK alias pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Mekanisme penerimaan ini dilakukan melalui program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara untuk formasi di luar guru, yakni sebanyak 189.000 formasi. Terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru, lalu 119.000 formasi CPNS 2021 untuk jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan.

Sedangkan untuk instansi pemerintah pusat, dibutuhkan sekitar 83.000 formasi. Ini terdiri dari 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS untuk berbagai jabatan di instansi pemerintahan dalam penerimaan CPNS 2021.

Sebagaimana rekrutmen CPNS tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran CPNS 2021 hingga mengunggah berkas bisa dilakukan via online lewat Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCN).

Deputi bidang SDM Aparatur KemenPAN RB, Teguh Widjinarko menyatakan, formasi CPNS akan ditentukan pada Maret mendatang. Waktu tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP).

“Jadi mau tidak mau kita harus memenuhi jadwal tersebut. Kecuali jika ada hal lain yang menjadi pertimbangan pemerintah,” kata Teguh.

Nah, tahun ini rencananya ada 1,3 juta formasi yang dibuka. Sebanyak 1 juta formasi guru PPPK yang baru saja diputuskan beberapa waktu lalu. Kemudian 189 ribu formasi CPNS yang terdiri dari 70 ribu PPPK untuk tenaga fungsional dan 119 ribu jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan.

Dilanjutkan Teguh, setelah menetapkan formasi, maka proses pendaftaran bakal dibuka mulai April-Mei 2021. Lalu di bulan berikutnya yakni Juni, seleksi CPNS bakal dilakukan.

Tags : CPNS , SSCN , Kemenpan RB

Berita Terkait