Ketua DPR RI Minta Destinasi Wisata Terapkan Prokes Ketat

| Rabu, 01/09/2021 21:21 WIB
Ketua DPR RI Minta Destinasi Wisata Terapkan Prokes Ketat Pantai Tanjung Lesung, Banten. (Foto: tempatwisataco)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan bahwa protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat di tempat-tempat wisata. Hal ini menanggapi akan dimulainya uji coba pembukaan objek wisata di sejumlah daerah menyusul menurunnya level PPKM.

“Kebutuhan berekreasi dapat dipahami setelah pembatasan mobilitas yang cukup lama akibat lonjakan kasus COVID-19. Hanya saya mengingatkan supaya prokes di tempat wisata dijaga betul, agar pulang berwisata masyarakat bahagia, bukan menderita karena corona,” ujarnya dalam keterangan pers, Rabu, 1 September 2021.

Ia mengingatkan agar pengelola tempat wisata mengikuti anjuran pemerintah terkait kapasitas pengunjung. Dirinya meminta pengelola menerbitkan aturan adaptasi kebiasaan baru tempat wisata dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang mengatur soal perilaku hidup sehat di objek wisata, kebersihan lingkungan hingga sirkulasi udara.

“Kenyamanan dan keselamatan rakyat yang berkunjung ke tempat wisata harus menjadi prioritas. Para pelaku usaha wisata juga harus memenuhi kebutuhan pengunjung sesuai panduan pelaksanaan cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),” papar Politisi PDI Perjuangan itu.

Puan mendukung keputusan daerah yang ingin membuka destinasi wisata ketika wilayahnya dinyatakan telah mengalami tren penurunan kasus Corona. Menurut Puan, hal tersebut dapat membantu pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat terdampak pandemi COVID-19. Oleh karena itu, ia meminta pemerintah daerah untuk segera mempercepat vaksinasi kepada para pelaku usaha dan pekerja di sektor ini.

Tags : DPR RI , Objek Wisata , Vaksinasi , COVID-19 , Indonesia