Politisi PKB: Wilayah Rawan Karhutla Harus Ditangani dengan Baik

| Rabu, 01/12/2021 19:04 WIB
Politisi PKB: Wilayah Rawan Karhutla Harus Ditangani dengan Baik Anggota DPR RI FPKB Daniel Johan (berbatik) foto: dpr

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan menyampaikan, semua daerah yang termasuk wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) harus dipastikan mendapatkan penanganan dan langkah antisipasi yang baik. Salah satu desa di Kalimantan Barat yang sering mengalami karhutla adalah Desa Limbung di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

“Kita memastikan daerah-daerah yang memang rawan kebakaran, apalagi lokasinya sangat strategis karena sangat berdekatan dengan  bandar udara seperti di Desa Limbung ini, bisa tertangani dengan baik oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM)," kata Daniel dikutip laman dpr, Rabu 1 Desember 2021.

Menurut Daniel, desa Limbung merupakan salah satu contoh desa yang baik terkait dalam penanganan karhutla, karena Desa Limbung sudah melahirkan peraturan desa (perdes) yang khusus mengatasi kebakaran lahan.

"Kita berharap desa-desa yang lain bisa mengikuti hal yang sama, memiliki visi dan tindakan yang konkrit, serta kebijakan yang nyata," ujarnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menuturkan, saat ini kondisi di Desa Limbung sudah jauh lebih baik setelah sebelumnya mengalami kebakaran lahan yang cukup hebat.

"Kita melihat bahwa semua sudah jauh lebih baik. Kebakaran hutan dan lahan sudah jauh berkurang. Ke depan apa yang sudah dicapai ini akan kita dorong agar (wilayah Desa Limbung) bisa menjadi lahan pertanian dan hutan (pohon) nangka. Itu visi yang baik yang akan kita wujudkan ke depan," ungkapnya.

 

Tags : Karhutla , Komisi IV DPR

Berita Terkait