DPR Minta Apotek di Tanah Air Beri Pelayanan dan Kemudahan bagi Masyarakat

| Rabu, 02/02/2022 22:11 WIB
DPR Minta Apotek di Tanah Air Beri Pelayanan dan Kemudahan bagi Masyarakat ilustrasi (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Komisi VI DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Asosiasi Apotek Indonesia dan Gabungan Pengusaha Farmasi, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Februari 2022.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi VI DPR RI Rudi Hartono Bangun menekankan bahwa apotek-apotek di Indonesia diharapkan dapat memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat. 

"Masyarakat itu cenderung langsung ke apotek mencari obat, apalagi di desa di pinggir-pinggir ya pak ya. Jadi mereka tidak ke dokter. Kita harus tanggap juga. Karena ini masyarakat menengah ke bawah, harus ada pelayanan yang baik dan juga kemudahan pelayanan," kata Rudi Hartono.

Rudi menuturkan, apotek harus memiliki kecekatan dalam melayani konsumen. Sebab, pemberian obat yang tepat di saat yang tepat dapat membantu menurunkan gejala penyakit. Terlebih jika rumah sakit-rumah sakit sedang penuh dan tidak bisa melayani pasien.

"Jangan nanti dilempar Pak, orang udah sakit segala macem, dilempar suruh ke dokter, dokter juga antre, rumah sakit antre. Harus ada kecekatan pihak apoteker dalam hal ini, dalam melayani konsumen yang ada, karena kecekatan itu membuat orang satu dua hari di-kasih obat terus turun Pak. Tadinya mau gawat, menurun jadi menengah, menengah jadi gejala ringan," imbuhnya.

Rudi berharap ada aturan atau regulasi yang bisa memberi izin apoteker untuk dapat memberikan obat-obat tertentu. "Itu harus dipikirkan pak aturan regulasi apoteker yang bisa memberi izinnya kan pak obat-obat itu. Nah itu harus dipikirkan, jangan kita kaku gitu," harapnya.

Tags : Apotek , Komisi VI DPR

Berita Terkait