Pascabanjir Cirebon, Warga Mulai Bersihkan Sisa Material Lumpur

| Jum'at, 04/03/2022 14:27 WIB
Pascabanjir Cirebon, Warga Mulai Bersihkan Sisa Material Lumpur banjir (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon melaporkan banjir yang melanda wilayahnya telah surut.

"Pascabanjir, para warga bersama tim gabungan melakukan pembersihan sisa material lumpur yang terbawa saat terjadi banjir," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Jumat 4 Maret 2022.

Menurut Muhari, banjir yang melanda terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya Sungai Guansidanas dan Sungai Cikananga pada Rabu 2 Maret 2022 lalu.

"Akibat peristiwa ini, terdapat tiga desa terdampak yakni Desa Kaliwulu, Desa Gamel dan Desa Sarabah yang terletak di Kecamatan Plered. Tercatat banjir berdampak pada 535 KK atau 1.815 jiwa dan 461 unit rumah warga. Dilaporkan jaringan komunikasi dan penerangan tidak terganggu atas kejadian ini," katanya.

Sementara itu, tim gabungan yang meliputi BPBD Kab. Cirebon, TNI-Polri, Perangkat Desa, dan Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Gamel dan Sarabau segera terjun ke lokasi sesaat setelah kejadian. Koordinasi serta pengkajian secara cepat dilakukan untuk mempercepat penanganan darurat. Selain itu, tim gabungan juga melakukan penyisiran lokasi untuk keperluan evakuasi warga yang terdampak.

"Potensi hujan sedang masih berpeluang terjadi hari ini (3/3) di wilayah Provinsi Jawa Barat dengan status Waspada. Hal ini sebagaimana dikutip dari laman resmi signature.bmkg.go.id," ungkapnya.

 

 

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait