Dukung Pengembangan Food Estate, Pemerintah Bangun Sejumlah Infrastruktur

| Jum'at, 11/03/2022 20:08 WIB
Dukung Pengembangan Food Estate, Pemerintah Bangun Sejumlah Infrastruktur Presiden Joko Widodo usai meninjau kesiapan pengembangan lahan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus melanjutkan pembangunan sejumlah infrastruktur untuk mendukung program pengembangan food estate. 

“(Hal ini dilakukan) untuk mendukung cita-cita Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045 dan mewujudkan ketahanan pangan nasional,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Jumat 11 Maret 2022.

Pembangunan Food estate, ungkap Menteri Basuki, merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai prioritas untuk menjaga kedaulatan NKRI dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui ketahanan pangan nasional.

“Kementerian PUPR mendukung pengembangan food estate 1.000 ha dan Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH) di Kabupaten Humbang Hasundutan melalui pembangunan infrastruktur di bidang sumber daya air, konektivitas dan penataan Kawasan,” ungkapnya.

Menteri Basuki menjelaskan bahwa dalam bidang sumber daya air pada TA 2022 akan melanjutkan pembangunan jaringan irigasi tetes hingga terpenuhi area layanan irigasi tetes efektif seluas 200 ha. Lalu, pada bidang konektivitas pada TA 2021 telah diselesaikan pembangunan jalan akses kawasan food estate sepanjang 8,6 km senilai Rp69,97 miliar.

 “Di bidang penataan kawasan, Kementerian PUPR membangun Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH) pada 2021-2023 dengan anggaran Rp 82,3 miliar,” jelasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Tags : Food Estate , PUPR , Pemerintah , Ekonomi

Berita Terkait