Cucun Ahmad Syamsurijal Terima Audiensi APDESI se-Kabupaten Bandung di Senayan

| Selasa, 31/05/2022 17:25 WIB
Cucun Ahmad Syamsurijal Terima Audiensi APDESI se-Kabupaten Bandung di Senayan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menerima audiensi dari Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) se-Kabupaten Bandung, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin, 30 Mei 2022 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Cucun menilai pihaknya berkomitmen untuk menetapkan Dana Desa dapat digunakan untuk pembiayaan operasional pemerintah desa dalam APBN 2023.

“Kita akan tetapkan (biaya operasional dari Dana Desa) menjadi suatu kebijakan anggaran di 2023. Karena kalau di APBN 2022 perpresnya sudah keluar dan UU APBN-nya tidak ada perubahan, di luar nomenklatur pendidikan dan kompensasi BBM ya,” ujar Cucun.

Karenanya, Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) itu menilai sebagai wakil rakyat dirinya berkewajiban menyampaikan aspirasi yang disampaikan APDESI se-Kabupaten Bandung tersebut.

“Jangan sampai dana desa sudah sekian tahun berjalan, namun tidak dapat digunakan untuk keperluan pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan desa itu sendiri,” kata Cucun.

“Ada diksi yang menarik yang tadi disampaikan oleh para kepala desa yang hadir. Bahwa Dana Desa ini bagai Kue Pengantin. Dilihat, tapi tidak boleh dipegang. Nah ini yang kita inginkan agar ke depan ada dana operasional,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua DPC APDESI se-Kabupaten Bandung, Dedi M Bram mengatakan, Dana Desa dipandang perlu untuk diberikan peraturan teknis dalam hal Dana Desa dapat digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan, seperti pengadaan tanah, pembangunan kantor desa, dan dukungan kegiatan pembinaan kemasyarakatan.

“Mengingat proporsi Alokasi Dana Desa (ADD) atau Alokasi Dana Perimbangan Desa (ADPD) yang diterima tidak cukup lagi membiayai kebutuhan yang dimaksud,” ujar Dedi M Bram.

Tags : Banggar DPR , Cucun Ahmad Syamsurijal

Berita Terkait