Wamendag RI dan Korsel Bahas Penanganan Ekonomi Pasca Pandemi

| Senin, 13/06/2022 20:27 WIB
Wamendag RI dan Korsel Bahas Penanganan Ekonomi Pasca Pandemi Covid Varian Baru (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi (MoTIE) Korea Selatan Youngjin Jang di Seoul, Korea Selatan, Jumat 10 Juni 2022 lalu.

Dalam kesempatan itu, Wamendag Jerry menegaskan bahwa Indonesia dan Korea Selatan sepakat memperkuat kerja sama perdagangan kedua negara untuk memulihkan ekonomi pascapandemi.

"Indonesia dan Korsel meyakini kerja sama perdagangan kedua negara dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi," kata Wamendag Jerry Sambuaga dalam rilisnya, Senin 13 Juni 2022.

Menurut Jerry Sambuaga, Korea Selatan merupakan mitra dagang strategis bagi Indonesia. Pada periode Januari—Maret 2022, nilai perdagangan kedua negara telah mencapai USD 6,09 miliar.

"Nilai ini mengalami kenaikan 47,05 persen pada periode yang sama di tahun sebelumnya,” terangnya.

Jerry juga menjelaskan, indikator pertumbuhan perdagangan tersebut memiliki arti positif bagi kedua negara, terutama untuk saling mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Pemulihan ekonomi ini tentu sejalan dengan tema utama Presidensi G20 Indonesia yaitu ‘Recover Together, Recover Stronger’,” ungkapnya. Terkait G20, Jerry menyampaikan Indonesia menyambut baik dukungan Korea Selatan pada tiga prioritas perdagangan dalam Trade, Investment, and Industry Working Group (TWIIG).

Jerry juga menerangkan, saat ini Indonesia menjadi negara urutan ke-4 investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) Korea Selatan setelah Amerika Serikat, Tiongkok, dan Vietnam. Menurutnya, salah satu investasi dari Korea Selatan yang dibutuhkan oleh Indonesia adalah investasi di bidang kendaraan listrik.

“Kami membuka peluang investasi Korea Selatan di Indonesia pada kendaraan listrik dalam pengembangan industri baterai kendaraan listrik yang komprehensif dan terintegrasi. Investasi ini akan membuka lapangan kerja dan pengembangan kendaraan yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Tags : Pandemi Covid19 , Penanganan Ekonomi

Berita Terkait