Puan Maharani dan PUPR Resmikan Embung Sumingkir Cilacap

| Jum'at, 08/07/2022 21:52 WIB
Puan Maharani dan PUPR Resmikan Embung Sumingkir Cilacap Embung Sumingkir (pu)

RADARBANGSA.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Embung Sumingkir di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu 6 Juli 2022 lalu.

“Embung Sumingkir penting bagi masyarakat karena dengan adanya embung ini dapat membantu pertanian, khususnya di Desa Sumingkir yang mayoritas warganya adalah petani,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam sambutannya.

Dilansir PUPR, Jumat 8 Juli 2022, pembangunan Embung Sumingkir dilakukan sejak April 2021 dan rampung seluruhnya pada Desember 2021. Pembangunan dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak dengan biaya Rp14 miliar.

Kepala BBWS Serayu Opak, Dwi Purwantoro menjelaskan bahwa Embung Sumingkir memiliki volume tampung 32.425 m3 dengan luas genangan 1,16 Ha. Sehingga Embung Sumingkir diperkirakan mampu mengairi 50 Ha sawah di Desa Sumingkir, Kecamatan Jeruklegi dan Desa Dondong, Kecamatan Kasugihan.

"Adanya Embung Sumingkir meningkatkan Intensitas Tanam dari 105 % menjadi 215%, yang semula satu kali panen setiap tahunnya menjadi tiga kali panen dalam satu tahun," ungkap Dwi Purwantoro.

Tags : Embung Sumingkir , PUPR

Berita Terkait