Pemerintah Lakukan Pembinaan pada Perusahaan Penempatan PMI ke Malaysia

| Jum'at, 12/08/2022 22:53 WIB
Pemerintah Lakukan Pembinaan pada Perusahaan Penempatan PMI ke Malaysia Gedung Kemnaker (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus melakukan pembinaan kepada Perusahan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) ke Malaysia agar sesuai dengan rugulasi pemerintah Indonesia.

"Saya menginginkan penempatan PMI ke Malaysia harus dilakukan secara mutual benefit antara perusahaan penempatan dengan para PMI," ungkap Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor di Kuala Lumpur, Jumat 12 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, untuk memastikan pelindungan PMI baik pada sisi kondisi kerja maupun hak para PMI, pada April 2022 Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia telah menandatangani MoU Penempatan PMI Sektor Domestik ke Malaysia. Upaya ini diperkuat dengan penandatanganan Joint Statement terkait implementasi nota kesepahaman (MoU) tentang Penempatan dan Pelindungan PMI.

"Saat ini MoU tersebut masih mengatur OCS PMI sektor domestik di Malaysia,” jelasnya.

Afriansyah menuturkan bahwa Felda Global Ventures (FGV) sebagai perusahaan perkebunan sawit terbesar di Malaysia yang mempekerjakan PMI sampai saat ini, telah melakukan kerja sama penempatan dengan beberapa P3MI.

"Saya mengharapkan FGV dapat bekerja sama baik dengan perusahan penempatan PMI dan berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dan melakukan perlindungan terhadap PMI,” tukasnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah , PMI