Menuju Ketahanan Pangan, Pemerintah Kebut Pembangunan Bendungan Margatiga

| Kamis, 18/08/2022 19:54 WIB
Menuju Ketahanan Pangan, Pemerintah Kebut Pembangunan Bendungan Margatiga pembangunan bendungan Margatiga, Lampung (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan Bendungan Margatiga untuk mendukung ketahanan pangan di provinsi Lampung.

“Pekerjaan konstruksi bendungan telah memasuki tahap akhir dengan progres 96% dan direncanakan dijadwalkan selesai sesuai kontrak Desember 2022,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rilisnya, Rabu 17 Agustus 2022.

Menurut Menteri Basuki, pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam.

“Bendungan Margatiga memiliki kapasitas tampung 42,31 juta m3 dengan luas genangan 2.314 hektare juga dipersiapkan untuk memasok air baku sebesar 0,8 m3/detik untuk Kabupaten Lampung Timur,” katanya.

Menteri Basuki menyampaikan, endungan Margatiga didesain dengan konstruksi tipe urugan yang memiliki tinggi mencapai 28,75 meter, panjang puncak 321,76 meter, dan lebar puncak 7 meter.

“Dengan saluran pengelak tipe open chanel, bendungan ini diproyeksikan dapat mereduksi banjir sebesar 83,10 m3/detik untuk sebagian wilayah Bandar Lampung dan Lampung Timur,” tukasnya.

Tags : bendungan , PUPR , Sumber Daya Air

Berita Terkait