Kasus Monkeypox Ditemukan di Indonesia, Komisi IX DPR Minta Pemerintah Siapkan Vaksinnya

| Senin, 22/08/2022 19:03 WIB
Kasus Monkeypox Ditemukan di Indonesia, Komisi IX DPR Minta Pemerintah Siapkan Vaksinnya Ilustrasi penyakit monkeypox (foto beritahaticom)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan temuan kasus cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia, pada Sabut, 20 Agustus 2022. Kasus ini ditemukan di Jakarta pada seorang warga Indonesia.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menyatakan bahwa pasien ini baru saja bepergian dari luar negeri, dan mengalami gejala demam pada 14 Agustus 2022.

"Hari ini ada satu terkonfirmasi dari Jakarta, baru satu berusia 27 tahun, dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam," ujar Syahril.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mendorong pemerintah menyiapkan vaksin cacar monyet sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit.

"Saya kira, nantinya wilayah yang beresiko tinggi dan wilayah-wilayah yang positif tinggi perlu vaksinasi agar cacar monyet ini  tidak semakin luas,” kata Rahmad Handoyo dalam rilisnya, Senin 22 Agustus 2022.

Selain itu, Rahmad juga mengusulkan agar para tenaga kesehatan sendiri diberi pelatihan bagaimana proses penanganan serta pengendalian cacar monyet. "Para nakes kita harus paham betul apa itu cacar monyet sehingga pada saatnya dia bisa mendiagnosis dengan tepat. Karena itu, mungkin perlu dipertimbangkan  bagaimana kalau para nakes diberi pelatihan khusus soal cacar monyet,” ungkapnya.

Diketahui, cacar monyet adalah penyakit akibat infeksi virus monkeypox, yang menyebabkan penderitanya alami ruam akut seperti papula (jerawat menonjol), vesikel atau pustula (jerawat berisi nanah) yang tidak bisa dijelaskan di negara non endemik atau negara selain Afrika.

Tags : Monkeypox , Cacar Monyet

Berita Terkait