Cegah Cacar Monyet, Menkes Budi Minta Masyarakat Perketat Prokes

| Selasa, 23/08/2022 18:51 WIB
Cegah Cacar Monyet, Menkes Budi Minta Masyarakat Perketat Prokes Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan guna mencegah penularan cacar monyet atau monkeypox. Menurutnya, berbeda dengan COVID-19, penularan penyakit ini terjadi melalui kontak fisik dengan penderita bukan melalui droplet.

“Harusnya kita bisa menghindari itu dengan lebih mudah. Itu dari sisi protokol kesehatannya, identifikasinya lebih mudah, cara menghindarinya juga jauh lebih mudah,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Selasa 23 Agustus 2022.

Menurut Menkes Budi, penularan monkeypox dapat terjadi jika penderita sudah memiliki gejala. “Dia hanya bisa menular kalau secara fisik sudah kelihatan bintik-bintik cacarnya dan cairannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan temuan kasus cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia, pada Sabut, 20 Agustus 2022. Kasus ini ditemukan di Jakarta pada seorang warga Indonesia.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menyatakan bahwa pasien ini baru saja bepergian dari luar negeri, dan mengalami gejala demam pada 14 Agustus 2022.

"Hari ini ada satu terkonfirmasi dari Jakarta, baru satu berusia 27 tahun, dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam," ujar Syahril.

Tags : Menkes Budi , Cacar Monyet , Vaksin

Berita Terkait