Presiden Jokowi Minta Menkes Siapkan Vaksin Cacar Monyet

| Selasa, 23/08/2022 19:54 WIB
Presiden Jokowi Minta Menkes Siapkan Vaksin Cacar Monyet Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan jajarannya khususnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk segera menyediakan vaksin cacar monyet.

“Sudah saya perintahkan kepada Menkes yang pertama urusan vaksin segera,” ujar Presiden Jokowi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Selasa 23 Agustus 2022.

Presiden Jokowi juga memerintahkan kepada jajaran terkait untuk melakukan pemeriksaan ketat di pintu-pintu Indonesia, “Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi, kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat,” tegas Presiden Jokowi.

Meski demikian, Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk tidak panik karena penularan cacar monyet terjadi pada saat pasien sudah bergejala dan melalui kontak fisik dengan pasien.

“Tetapi ini juga tidak perlu kita terlalu panik karena penularannya lewat kontak langsung bukan lewat droplet. Saya rasa yang paling penting adalah kesiapan-kesiapan kita mengatasi itu,”  tukasnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan temuan kasus cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia, pada Sabut, 20 Agustus 2022.

Kasus ini ditemukan di Jakarta pada seorang warga Indonesia. Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menyatakan bahwa pasien ini baru saja bepergian dari luar negeri, dan mengalami gejala demam pada 14 Agustus 2022. "Hari ini ada satu terkonfirmasi dari Jakarta, baru satu berusia 27 tahun, dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam," ujar Syahril.

Tags : Cacar Monyet , monkeypox

Berita Terkait