Anggota Komisi XI DPR: KUR Percepat Pemulihan di Sektor UMKM

| Jum'at, 26/08/2022 13:38 WIB
Anggota Komisi XI DPR: KUR Percepat Pemulihan di Sektor UMKM Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin menilai Kredit Usaha Rakyat (KUR)  berdampak nyata dalam percepat pemulihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan ekonomi nasional.

“Adanya KUR tentu menjadi energi tambahan bagi UMKM untuk terus bergerak meski dihantam pandemi. Bahkan, selama pandemi pun pemerintah juga memberikan insentif berupa subsidi bunga, sehingga mengurangi beban pelaku UMKM agar tetap melanjutkan usahanya,” kata Puteri Anetta Komarudin dalam rilisnya, Kamis 25 Agustus 2022.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah mencapai Rp209,5 triliun pada Juli 2022 atau sekitar 56 persen dari plafon yang mencapai Rp373,17 triliun.

“Ini menjadi bukti komitmen dan kepedulian dari Menko Airlangga Hartarto untuk mempercepat pemulihan UMKM yang menjadi penopang ekonomi nasional,” ungkap Puteri.

Menurut Puteri, skema KUR sebagai dukungan permodalan dengan bunga rendah berperan sentral untuk menyelamatkan sektor UMKM di tengah krisis pandemi, yang juga sekaligus menyelamatkan perekonomian nasional.

“KUR terbukti berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, dimana tahun 2019 kontribusi masih 0,76 persen terhadap PDB. Kini, telah mencapai 2,08 persen terhadap PDB. Bahkan selama tahun 2021, KUR berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja baru yang mencapai 12,6 juta pekerja,” ujarnya.

Tags : UMKM , KUR , BRI , Komisi XI DPR

Berita Terkait