Kemenkes: Pasien Pertama Konfirmasi Positif Monkeypox Dinyatakan Sembuh

| Jum'at, 16/09/2022 21:04 WIB
Kemenkes: Pasien Pertama Konfirmasi Positif Monkeypox Dinyatakan Sembuh Ilustrasi penyakit monkeypox (foto beritahaticom)

RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril mengungkapkan, pasien pertama konfirmasi positif monkeypox pada Agustus lalu telah sembuh dan sudah beraktifitas seperti biasanya.

“Kasus pertama orang yang terkonfirmasi monkeypox pada 19 Agustus dinyatakan positif kemudian dilakukan isolasi mandiri di rumah karena gejalanya ringan. Kemudian pada 4 September dinyatakan selesai isolasi dan sekarang sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasanya,” ujar Syahril dalam rilisnya, Jumat, 16 September 2022.

Menurut Syahril pasien tersebut sudah dinyatakan sehat. Namun ada 3 orang kontak erat dan sudah dilakukan testing dan surveilans. “Hasilnya semuanya sehat tidak ada konfirmasi positif atau bergejala monkeypox,” katanya.

Secara total laporan dugaan monkeypox di Indonesia sebanyak 66 kasus. Dari total tersebut hanya 1 kasus terkonfirmasi positif, 2 kasus suspek, dan 63 kasus discarded.

“Ada 18 orang dengan kasus _discarded_ memiliki diagnosis klinis cacar air atau varicella” ungkap Syahril.

Sementara itu, lanjut Syahril, untuk memaksimalkan pemeriksaan, Kemenkes menambah jumlah laboratorium menjadi 15. Sebelumnya hanya ada 2 laboratorium pemeriksaan monkeypox.

“Semua laboratorium tersebar di sejumlah daerah bukan hanya di Pulau Jawa tapi juga ada di Sumatera sampai ke Ambon,” tukasnya.

Tags : Monkeypox , Cacar Monyet

Berita Terkait